Puasa Asyura 10 Muharram Jatuh pada Tanggal Berapa?

Rahma Harbani - detikEdu
Sabtu, 06 Agu 2022 06:00 WIB
Jadwal buka puasa Tangerang hari ini sudah dirilis oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. Hari ini merupakan waktu terakhir berbuka puasa di bulan Ramadan 2022.
Ilustrasi. Puasa Asyura jatuh pada tanggal berapa? (Getty Images/iStockphoto/Nadiia Cherenkova)
Jakarta -

Puasa Asyura adalah amalan sunnah yang dikerjakan pada 10 Muharram. Rasulullah SAW sendiri menerangkan, bulan terbaik untuk berpuasa di samping bulan Ramadan adalah bulan Muharram atau bulan pertama tahun Hijriah.

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: "Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram. Sementara sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam." (HR Muslim).

Dalam riwayat lain dari kitab al-Musnad juga dijelaskan, orang yang berpuasa di bulan Muharram dapat diterima taubatnya oleh Allah SWT. Hadits ini dijelaskan oleh Ali bin Abi Thalib yang mengutip sabda Rasulullah SAW,

ان كنت صائما شهرا بعد رمضان فصم المحرّم فإنه شهر الله، وفيه يوم تاب الله فيه على قوم ويتوب على آخرين

Artinya: "Jika engkau ingin berpuasa setelah Ramadan, maka berpuasalah pada bulan Muharram. Sesungguhnya bulan tersebut adalah bulan Allah dan pada bulan itu terdapat satu hari di mana ketika suatu kaum bertaubat, Allah juga menerima taubat kaum yang lain." (HR Tirmidzi).

Puasa Asyura Jatuh pada Tanggal Berapa?

Menurut sistem penanggalan kalender Masehi, puasa Asyura pada 10 Muharram bertepatan dengan Senin, 8 Agustus 2022. Hal ini didasarkan dari keputusan SKB 3 Menteri yang menyebut 1 Muharram 1444 H jatuh pada 30 Juli 2022 lalu.

Mengutip Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah oleh Nur Solikhin, sebelum Islam datang, bangsa Quraisy selalu berpuasa pada hari Asyura. Tidak terkecuali bagi Nabi Muhammad SAW yang juga melakukannya.

Sebab itu, beliau menyuruh umat Islam untuk berpuasa Asyura hingga hampir mewajibkannya. Namun lambat laun, keharusan puasa ini bergeser setelah syariat puasa Ramadan turun. Hukum menjalankan puasa Asyura pun bergeser menjadi sunnah.

Sebagaimana amalan puasa lainnya, puasa Asyura juga memiliki keutamaan bagi yang melaksanakannya. Diceritakan dalam hadits Rasulullah SAW, puasa Asyura dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa 'Asyura? Beliau menjawab, "Puasa 'Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR Muslim).

Tentunya, untuk meraih keutamaan tersebut, puasa Asyura perlu diiringi dengan tata cara pengamalan yang tepat. Salah satunya mendahului puasa Asyura dengan membaca niat yang benar.

Niat Puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati 'Asyura lillahi ta'ala

Artinya: "Saya berniat puasa sunnah Asyura karena Allah Lillahi ta'ala,"

Menurut Saikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri dalam Kitab Minhajul Muslim, niat puasa Asyura boleh diamalkan pada pagi atau siang hari setelah waktu fajar selama belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Dengan kata lain, bacaan niatnya tidak harus dibaca pada malam hari sebelum berpuasa.

Di samping puasa Asyura yang jatuh pada 8 Agustus 2022, ada puasa sunnah lain yang dapat dikerjakan sepanjang bulan Muharram ini. Beberapa puasa sunnah yang dimaksud yakni, puasa Tasua'a, Ayyamul Bidh, atau puasa Senin Kamis.



Simak Video "Berkerumun! Warga Parepare Borong Alat Dapur saat Tradisi 10 Muharam"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia