Dari Mana Asal Usul Nama Benua Eropa? Ini Sederet Teorinya

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 05 Agu 2022 18:00 WIB
Ada beragam kota di Benua Eropa yang terkenal akan keindahannya. Kota-kota tersebut juga kaya akan berbagai bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.
Ilustrasi Benua Eropa. Foto: Getty Images
Jakarta -

Konsep Benua Eropa dikatakan sudah ada jauh sebelum para ahli Geografi memperdebatkan jumlah pasti benua-benua di dunia. Orang-orang Yunani kuno juga sempat membagi dunia ke dalam tiga benua saja, yaitu Asia, Eropa, dan Libya.

Pada waktu itu, Libya mengacu ke bagian utara Afrika. Pembagian tiga benua ini digunakan oleh Ptolemy saat dia menggambarkan peta dunia ke dalam Guide to Geography pada abad ke-2.

Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa konsep Benua Eropa sudah sangat tua. Namun, dari mana asal namanya?

Asal Usul Nama Benua Eropa

Mengutip dari Britannica ada beberapa teori mengenai sejarah penamaan Benua Eropa. Berdasarkan pendekatan linguistik, sejumlah cendekiawan yakin nama tersebut berasal dari deskripsi. Mereka yang merujuk ke bahasa Yunani kuno, menggabungkan kata eurys yang artinya lebar dan ops yang artinya wajah atau mata.

Dari penggabungan kedua itu, didapatkanlah definisi pandangan luas sebagai sebuah deskripsi atas garis pantai Eropa yang luas, sebagaimana menurut perspektif kapal Yunani. Mereka pun percaya bahwa frasa tersebut mempunyai konotasi daratan.

Konotasi itu didapatkan dari pengalaman para pelancong masa lalu yang mengabarkan adanya pegunungan, hutan, stepa, dan lembah sungai yang jauh lebih besar daripada di wilayah Mediterania, sekaligus iklim yang amat berbeda yang dialami orang Yunani.

Pendapat lain mengenai sejarah penamaan Benua Eropa mengatakan, asal usulnya ditemukan dalam bahasa Akkadia Semit yang dituturkan di Mesopotamia kuno. Pendapat ini menunjuk ke kata erebu yang artinya matahari terbenam.

Mereka yang berpendapat demikian juga beralasan, dari perspektif Mesopotamia matahari terbenam di barat, Eropa. Dan karena mereka merujuk kepada bahasa Akkadia, maka asal usul nama Benua Asia turut diambil dari bahasa tersebut. Adapun kata yang diambil adalah asu yang berarti matahari terbit.

Ada juga teori lain yang mengklaim eponim Benua Eropa dengan mitologi, khususnya tentang dewi-dewi Eropa. Salah satunya adalah Oceanides, yaitu 3 ribu nimfa laut yang ada di tingkatan rendah mitologi Yunani. Teori ini berpendapat Eropa hanya salah satu dari 41 dewa kecil yang layak diberi nama.

Versi lain menghubungkan nama Benua Eropa dengan Demeter, dewi Bumi dan pertanian. Meski tidak dapat dipastikan apakah nama Eropa ataukah Demeter yang ada lebih dulu, tetapi diduga bahwa Eropa merupakan nama pra Yunani lokal untuk dewi Bumi. Sementara, Demeter sifatnya lebih regional.

Dalam mitos populer di Eropa juga dikatakan ada seorang putri Phoenix/Agenor (Raja Phoenicia) yang bernama Europa. Zeus menculik putri tersebut dengan menyamar sebagai banteng putih.

Itulah beberapa teori yang mengemukakan asal usul nama Benua Eropa. Hingga kini tidak ada yang tahu sejarah pastinya seperti apa.



Simak Video "Bagaimana Benua Sundaland Bisa Tenggelam?"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia