5 Kegunaan Berita bagi Pelajar, Yuk Banyak Baca!

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Rabu, 03 Agu 2022 17:30 WIB
Ilustrasi anak belajar matematika bilangan cacah
ILustrasi membaca berita. Foto: Getty Images/travelism
Jakarta -

Informasi dalam sebuah berita yang layak dikonsumsi oleh siapapun, termasuk pelajar. Seseorang akan mengetahui hal-hal yang baru saja terjadi melalui sebuah berita. Ada begitu banyak kegunaan berita, terlebih bagi pelajar.

Dengan membaca atau mendengar berita, wawasan seorang pelajar akan semakin luas. Tidak hanya itu, akan banyak ditemukan pengetahuan-pengetahuan baru dalam berita, yang belum tentu bisa didapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegunaan Berita bagi Pelajar

Melansir Academia-Pakistan's Premier Education Magazine, ada beberapa kegunaan berita bagi pelajar, di antaranya:

1. Memperkuat kosakata

Tulisan yang dimuat dalam berita mencakup begitu banyak kosakata. Dengan membaca dan mendengar berita, pelajar akan menemukan dan memahami kata-kata baru. Hal ini tentunya akan membantu para pelajar, baik dalam aktivitas di rumah ataupun di sekolah.

2. Meningkatkan kemampuan membaca dan menulis

Apabila pelajar terbiasa membaca berita, pelajar akan mulai memahami tentang bagaimana cara menulis yang baik dan benar, seperti penggunaan kata yang tepat, tanda baca yang benar, dan sebagainya. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada kemampuan membaca pelajar.

3. Menambahkan pengetahuan umum

Ada begitu banyak informasi dalam berita dengan bidang atau tema yang berbeda-beda. Jangkauan informasi yang disuguhkan oleh berita sangatlah luas. Dengan sering membaca dan mendengar berita, informasi-informasi yang diperoleh dapat membantu pelajar ketika sedang ujian, lomba, dan sebagainya.

4. Menemukan ide cemerlang untuk kegiatan sekolah

Pelajar juga dapat menemukan inspirasi dari sebuah berita. Ide yang didapat dari sebuah berita dapat membantu pelajar dalam mengerjakan projek atau menuntaskan kegiatan di sekolah. Ada begitu banyak topik pemberitaan yang dapat menginspirasi pelajar.

5. Menjadikan pelajar sebagai pembicara yang handal

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu kegunaan berita adalah meningkatkan kemampuan membaca pelajar. Di samping itu, hal ini juga dapat memengaruhi kemampuan berbicara pelajar. Dengan begitu banyak informasi, pengetahuan umum, dan kosakata yang didapat dari membaca dan mendengar berita, pelajar akan dapat menjadi pembicara yang aktif dan handal.



Simak Video "Kafe Tak Berizin di Babarsari Disegel, Sempat Terjadi Perlawanan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia