5 Contoh Teks Deskripsi Singkat, Lengkap dengan Pengertian dan Strukturnya

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Rabu, 03 Agu 2022 10:00 WIB
ilustrasi menulis
Ilustrasi teks deskirpsi singkat. Foto: Thought Catalog on Unsplash
Jakarta -

Sesuai namanya, teks deskripsi adalah teks yang digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan suatu hal secara rinci, baik benda, keadaan, pemandangan, dan sebagainya. Teks deskripsi bertujuan deskripsi yang dijelaskan dapat dipahami oleh orang lain. Dengan begitu, orang yang tidak mengetahui objek tersebut, menjadi tahu karena deskripsi yang diberikan.

Struktur teks deskripsi terdiri atas tiga bagian, yaitu identifikasi, deskripsi bagian, dan kesimpulan atau kesan. Dengan adanya struktur tersebut, deskripsi terhadap suatu objek akan menjadi detail. Berikut penjelasan struktur teks deskripsi.

Struktur Teks Deskripsi

  • Identifikasi

Pada awal teks deskripsi terdapat identifikasi yang merupakan bagian teks berisi ciri objek yang dijelaskan pada teks tersebut. Identifikasi berfungsi untuk mengenalkan seseorang pada objek yang akan dijelaskan atau digambarkan pada teks deskripsi tersebut.

  • Deskripsi bagian

Deskripsi bagian adalah bagian pada teks deskripsi yang mengelompokkan objek deskripsi sesuai dengan jenis atau bagian serta definisinya. Pada bagian ini terdapat kalimat definisi.

  • Kesimpulan atau kesan

Pada akhir teks deskripsi. ada yang namanya kesimpulan atau kesan. Seseorang akan mendapatkan kesimpulan atau kesan setelah membaca teks deskripsi mengenai objek yang telah dideskripsikan.

Contoh-contoh Teks Deskripsi

  • Lantai Dua di Penginapan

Aku kemudian naik menuju lantai dua, tangganya sedikit berdebu. Kemudian aku melihat ada tempat ibadah, satu satu satu tidur, satu kamar mandi, dan balkon. Pemandangan yang indah dapat terlihat melalui lantai dua.

Aku mencoba memasuki ruang ibadah, ukurannya tidak terlalu luas. Terdapat jendela yang mengarah ke depan penginapan. Kamar di lantai dua hanya cukup untuk satu orang. Di dalamnya terdapat rak buku, meja, lemari, dan kipas angin. Kamar mandinya juga berukuran kecil, di dalamnya ada ember untuk mengisi air, kloset, dan shower.

Aku kembali melihat-lihat ke dalam, dan menemukan sajadah yang sudah disediakan sebagai perlengkapan salat. Buku-buku yang ada di meja kamar cukup menarik untuk dibaca. Pemandangan indah dan hembusan angin yang melewati balkon lantai dua akan membuat siapapun betah untuk menginap sini.

  • Tari Samba

Tari Samba adalah tari yang berasal dari negara Brazil. Tarian Samba diiringi dengan permainan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik seperti cavaquinho dan jenis gitar lainnya. Tarian samba juga dapat diiringi dengan berbagai instrumen perkusi seperti tamborin.

Karnaval selalu diadakan setiap tahunnya di negara Brazil. Dapat dipastikan bahwa tari samba akan turut memeriahkan acara tersebut. Bahkan salah satu rangkaian acara dalam karnaval adalah penobatan ratu samba.

Tari Samba juga merupakan kebanggan dan ikon negara Brazil. Bahkan ikon tersebut sudah tercatat dalam UNESCO sejak tahun 2005. Tari Samba begitu berharga bagi negara Brazil.

  • Pohon Tinggi di Hutan

Saat sampai di tengah hutan, ada sebuah pohon yang sangat menarik perhatian. Di hutan ini ada begitu banyak pohon tinggi, tetapi ini adalah salah satu pohon paling tinggi. Untuk melihat ujung, posisi kepala benar-benar harus menghadap ke atas.

Tidak hanya tinggi, pohon ini memiliki daun yang lebat. Tidak sedikit daun-daun berwarna kuning mulai berguguran. Terlihat ada banyak burung bersama keluarganya sedang duduk santai di ranting pohon ini. Pohon ini memberikan manfaat bagi makhluk di sekitarnya. Dapat terlihat dari batang pohon ini bahwa usianya sudah cukup tua.

Orang-orang berdatangan menghampiri pohon ini karena kagum akan ketinggiannya. Beberapa lainnya mengamati dan meneliti pohon tinggi ini. Bahkan ujung pohon ini menjulang tinggi hingga dapat terlihat dari luar hutan.

  • Teman Sebangku

Saat pertama kali masuk sekolah, aku mendapati seorang laki-laki duduk di sebelah bangku milikku. Namanya Vino, laki-laki bertubuh gemuk dan berkacamata. Ia menggunakan jam tangan mahal dan juga sepatu bermerek. Vino kerap membawa air minum dalam botol ukuran yang cukup besar.

Setiap hari Vino selalu mengajakku berbicara.Walaupun begitu, ia tidak cukup pandai untuk mencari topik pembicaraan. Untuk beberapa mata pelajaran, aku mendapati Vino tertarik pada hal-hal yang rumit. Ia tidak tertarik bahkan malas untuk hal-hal yang sangat sederhana.

Walaupun sering menggunakan barang-barang mahal, Vino tidak sombong. Ia tidak ragu untuk meminjamkan barang-barangnya. Itulah sebabnya Vino memiliki banyak teman. Aku senang berteman dengan Vino, karena banyak keunikan pada dirinya.

  • Alat Musik Tifa

Tifa merupakan alat musik tradisional yang paling terkenal berasal dari bagian timur Indonesia, yaitu kawasan Papua dan Maluku. Tifa memiliki bentuk tabung menyerupai gendang dengan ukuran yang panjang. Ada berbagai macam jenis tifa, yaitu tifa jekir, tifa potong, tifa dasar, dan tifa bas.

Tifa dibuat dengan sebatang kayu yang tengahnya dibuat dikosongkan isinya. Satu sisi tifa yang lebih lebar ditutup dengan kulit rusa. Kulit rusa tersebut dikeringkan dan dipasangkan di salah satu sisi batang kayu. Tifa juga menggunakan kulit binatang sebagai membran yang dililit melingkar dengan rotan agar kencang.

Tifa akan menghasilkan suara yang indah ketika dipukul. Karena keindahan suaranya, alat musik tifa digunakan untuk mengiringi tarian tradisional, lagu daerah, pertunjukan musik, pertunjukan kesenian, dan juga digunakan saat upacara adat.

Demikian penjelasan mengenai teks deskripsi beserta contohnya. Semoga membantu!



Simak Video "Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan Setpres ke Arsip Nasional RI"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia