Ciri dan Klasifikasi Hewan Porifera, Apa Benar Lebih Mirip Tumbuhan?

Nikita Rosa Damayati Waluyo - detikEdu
Rabu, 03 Agu 2022 12:30 WIB
Freshwater Sponge (Spongilla lacustris) Spongillidae Freshwater Underwater
Foto: Getty Images/iStockphoto/Allexxandar/Ciri dan Klasifikasi Hewan Porifera, Apa Benar Lebih Mirip Tumbuhan?
Jakarta -

Ada salah satu jenis hewan yang secara fisik justru lebih mirip dengan tumbuhan, yaitu hewan porifera. Hewan ini memang memiliki bentuk mirip dengan tumbuhan. Karena alasan tersebut, makhluk hidup satu ini masih diperdebatkan hingga saat ini soal apakah termasuk hewan atau tumbuhan.

Secara umum, porifera masuk dalam jenis kingdom Animalia, yakni hewan invertebrata atau tidak bertulang belakang, selomata (memiliki rongga tubuh), dan termasuk hewan multiseluler yang memiliki sifat primitif.

Hewan porifera juga sering disebut sebagai hewan berpori atau spons. Sebab, sebagian besar kerangka tubuhnya terbuat dari serabut spongin.

Mereka hidup di kedalaman hingga 8.500 di bawah permukaan laut. Tersebar di seluruh lautan, tercatat ada lebih dari 5.000 spesies spons porifera di lautan. Mereka menempel pada batu atau benda-benda di dalam air secara permanen.

Ciri-ciri Hewan Porifera

Apa benar hewan porifera sebenarnya adalah tumbuhan? untuk lebih jelasnya, intip ciri-ciri hewan porifera berikut.

1. Porifera Tidak Memiliki Jaringan dan Organ Sejati

Porifera tidak memiliki jaringan maupun organ seperti organ mulut, pernapasan, dan ekskresi. Akibat tidak memiliki organ sejati maka menjadikan hewan ini masuk organisme multiseluler yang primitif.

2. Bisa Hidup di Air Laut dan Tawar

Selain dapat hidup di air laut, porifera juga dapat hidup di air tawar.

3. Miliki Pori-pori

Serupa dengan manusia, hewan porifera memiliki tubuh yang berpori-pori, berbentuk pipih seperti vas bunga atau bercabang, dan melekat di dasar air. Tentu berbeda, pori-pori di tubuh porifera lebih kecil dibanding manusia.

Pori-pori tersebut berfungsi sebagai tempat masuknya air yang mengandung bahan makanan ke dalam tubuh. Pori-pori ini sangat berguna sebab porifera tidak bisa membuat makanannya sendiri, berbeda dengan tumbuhan.

4. Berbentuk Silinder

Porifera terbentuk dari serat yang bersifat fleksibel, keras, maupun berkapur. Serat ini akan terbentuk menyerupai silinder.

Untuk mengetahui lebih banyak ciri dan klasifikasi dari hewan porifera, yuk cek DI SINI.



Simak Video "Museum Purbakala Patiayam Selamatkan Fragmen Rusa-Gajah Purba"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia