3 Alat Pernapasan pada Tumbuhan, Siswa Harus Tahu

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Jumat, 29 Jul 2022 07:30 WIB
Kebun bunga matahari yang berada di Kasaoka, Jepang, ramai dikunjungi wisatawan. Mereka datang untuk melihat pemandangan jutaan bunga matahari yang bermekaran.
Alat pernapasan pada tumbuhan. Foto: Getty Images/Buddhika Weerasinghe
Jakarta -

Hai detikers, apakah kamu tahu bahwa tumbuhan memiliki alat pernapasan? Alat pernapasan pada tumbuhan menjadikannya berbeda dengan makhluk hidup lain. Kira-kira, apa saja alat pernapasan pada tumbuhan?

Pernapasan pada tumbuhan merujuk pada kepada proses pembongkaran atau pembakaran zat sumber energi di dalam sel-sel tubuh untuk memperoleh energi atau tenaga. Pembakaran sendiri membutuhkan oksigen (O2) dan terjadi di dalam setiap sel yang hidup.

Alat Pernapasan pada Tumbuhan

Tumbuhan akan menyerap oksigen (O2) dalam proses pernapasannya. Dikutip dari buku Kenali Lebih Jauh tentang Tumbuhan (2018), ada tiga alat pernapasan pada tumbuhan.

1. Stomata

Stomata adalah alat pernapasan pada tumbuhan yang menjadi jalur masuk dan keluarnya oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2). Sebagai alat pernapasan, stomata yang terletak pada mulut daun menjadi komponen sel epidermis daun.

Stomata juga menjadi bagian penting dalam tumbuhan yang sangat membantu proses fotosintesis dan transpirasi. Dalam proses fotosintesis, stomata berfungsi sebagai komponen tumbuhan yang mengambil karbondioksida (CO2) dari atmosfer.

Sementara itu, dalam proses transpirasi, stomata menjadi bagian tumbuhan yang berfungsi untuk melakukan penguapan air. Aktivitas ini sesuai dengan proses transpirasi sebagai penguapan air dari permukaan tumbuhan.

2. Lentisel

Lentisel adalah lubang-lubang pada tumbuhan yang terletak di bagian batang. Sebagai salah satu alat pernapasan pada tumbuhan, lentisel memiliki fungsi untuk menjadi komponen pertukaran gas dan mendukung daya tumbuh pada tumbuhan.

Tanpa adanya lentisel, mungkin tumbuhan akan mati karena tidak dapat melakukan pertukaran gas secara utuh. Karena itu, lentisel sebagai pori-pori pada tumbuhan sangat penting untuk menopang kehidupan tumbuhan.

3. Akar

Akar adalah alat pernapasan pada tumbuhan yang letaknya berada di bagian bawah tumbuhan. Secara fungsi, akar bertugas mencari air dan zat-zat di dalam tanah sebagai sumber utama bagi tumbuhan.

Sama halnya dengan stomata dan lentisel, akar akan menyerap oksigen untuk kehidupan tumbuhan. Akar atau yang sering disebut sebagai rambut akar ini berperan sebagai komponen inti tumbuhan yang terus menerus menyerap udara di pori-pori tanah.

Nah, itulah tiga alat pernapasan pada tumbuhan yang harus detikers tahu. Selamat belajar!



Simak Video "Turki Pastikan Ekspor Pertama dari Pelabuhan Ukraina dalam Waktu Dekat"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia