20 Link Twibbon Tahun Baru Islam 1444 H buat Pakai di Medsos

Rahma Harbani - detikEdu
Kamis, 28 Jul 2022 15:00 WIB
Twibbon Tahun Baru Islam 2022 sudah bisa dicek dari sekarang. Tahun Baru Islam 2022 akan jatuh pada tanggal 30 Juli 2022 mendatang.
Ilustrasi. Ini daftar 20 link twibbon Tahun Baru Islam 1444 Hijriah. (Twibbonize)
Jakarta -

Twibbon Tahun Baru Islam dapat digunakan untuk merayakan peringatan 1 Muharram 1444 H yang bertepatan dengan Sabtu, 30 Juli 2022. Twibbon dengan foto diri tersebut dapat diunggah melalui media sosial yang kamu punya.

Ketetapan tanggal peringatan Tahun Baru Islam diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri sebagai hari libur nasional. Sejauh ini, belum ada perubahan waktu sejak keputusan diterbitkan pada 7 April 2022.

Untuk itu, detikers bisa mulai mempersiapkan diri menyambut Tahun Baru Islam mulai dari menyiapkan foto terbaik yang akan dipasang twibbon. Melansir dari situs Twibbonize, berikut daftar lengkap link twibbon Tahun Baru Islam yang bisa digunakan.

20 Link Twibbon Tahun Baru Islam 1444 Hijriah

1. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 1

2. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 2

3. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 3

4. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 4

5. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 5

6. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 6

7. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 7

8. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 8

9. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 9

10. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 10

11. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 11

12. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 12

13. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 13

14. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 14

15. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 15

16. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 16

17. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 17

18. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 18

19. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 19

20. Link Twibbonize Tahun Baru Islam 20

Cara Menggunakan Twibbon Tahun Baru Islam 1444 Hijriah

  • Pilih salah satu Twibbon yang ingin dipakai dari link di atas.
  • Kemudian, kamu akan diarahkan ke laman Twibbonize, lalu klik 'Pilih Foto'.
  • Pilih foto yang akan digunakan di Twibbon, lalu klik OK.
  • Foto yang dipilih akan muncul di Twibbon Tahun Baru Islam 1444 H. Letak foto dapat digeser kemudian klik 'crop'.
  • Twibbon Tahun Baru Islam 1444 H sudah jadi.

Untuk menggunakannya, klik 'download' dan Twibbon akan tersimpan di galeri. Twibbon dapat diunggah ke media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dan Twitter atau dapat juga dijadikan sebagai foto profil.

Mengenal Tahun Baru Islam

Tahun Baru Islam sendiri mengacu pada sistem penanggalan kalender Hijriah. Melalui kalender tersebut, awal tahun dimulai dari 1 Muharam yang sudah menginjak tahun ke-1444 Hijriah.

Kalender Hijriah adalah sistem penanggalan Islam berdasarkan peredaran bulan. Sistem penanggalan kalender Hijriah dengan rotasi bulan ini terabadikan dalam surah Yunus ayat 5:

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَآءً وَّا لْقَمَرَ نُوْرًا وَّقَدَّرَهٗ مَنَا زِل لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَا لْحِسَا بَ ۗ مَا خَلَقَ اللّٰهُ ذٰلِكَ اِلَّا بِا لْحَـقِّ ۚ يُفَصِّلُ الْاٰ يٰتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ

Artinya: "Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui."

Melansir situs Majelis Ulama Indonesia (MUI), Penanggalan Islam menggunakan kalender Hijriah pertama kali dimulai pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab RA. Saat itu, kalender Hijriah juga berfungsi sebagai produk politik Umar bin Khattab dalam mendukung kelancaran sistem negara.

Setelah menetapkan kalender Hijriah sebagai penunjuk waktu, penentuannya diiringi dengan ketetapan awal waktu tahun Hijriah atau yang kemudian dikenal dengan 1 Muharram 1 Hijriah. Ada empat opsi yang diusulkan kepada Umar yakni, tahun Gajah saat Rasulullah lahir, tahun wafatnya Rasulullah, tahun Rasulullah diangkat menjadi rasul, dan juga tahun hijrahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah pada 622 Masehi.

Pada akhirnya, tahun hijrahnya Rasulullah SAW terpilih menjadi 1 Muharram dalam kalender Hijriah karena dianggap menjadi tonggak awal kejayaan umat Islam setelah berdakwah secara sembunyi-sembunyi. Hingga sampai saat ini, hari hijrah itu pun diperingati sebagai atau Tahun Baru Islam.



Simak Video "Heboh Istri Polisi Digerebek Lagi Ngamar dengan Anak Kades di Sumsel"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia