Nama-nama Galaksi di Alam Semesta dan Ciri-cirinya, Siswa Wajib Tahu

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Sabtu, 23 Jul 2022 15:01 WIB
Pekan lalu NASA merilis foto-foto terbaru luar angkasa menggunakan teleskop termahal dan tercanggih. Masih banyak lho foto-foto lainnya yang bikin Anda pangling.
Galaksi di alam semesta (Foto: Getty Images/NASA)
Jakarta -

Siapa yang tertarik dengan materi mengenai alam galaksi dan alam semesta dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)? Jika kamu salah satunya, apakah kamu tahu nama galaksi yang ada di alam semesta? Yap, nama galaksi di alam semesta tidak hanya Bima Sakti dan Andromeda saja, tetapi ada beberapa macam nama lainnya.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa pada sistem tata surya yang kita tempati sekarang memang berada pada sebuah galaksi yang dinamakan Galaksi Bima Sakti (The Milky Way). Matahari dalam sistem tata surya kita adalah satu dari 200 miliar buah bintang anggota Bima Sakti.

Pengertian Galaksi

Mengutip dari buku Menjelajah Angkasa Luar Tema 9 Materi Ajar Kelas VI (2013) bahwa galaksi adalah kumpulan dari bintang yang membentuk suatu sistem yang terdiri dari satu atau lebih benda angkasa yang berukuran besar. Di mana benda angkasa ini dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainnya sebagai anggota yang bergerak mengelilinginya secara teratur.

Kemudian, dalam ilmu astronomi bahwa galaksi merupakan sistem yang terdiri atas bintang-bintang, gas, dan debu yang amat luas. Matahari dari sistem tata surya kita adalah satu dari ratusan miliar bintang yang ada dalam satu galaksi. Semakin ke arah pusat galaksi, maka jarak antar bintang akan dekat atau dengan kata lain kerapatan galaksi ke arah pusat semakin besar.

Ciri-ciri Galaksi

Ada beberapa ciri-ciri dari galaksi yang harus kamu tahu! Berikut adalah penjelasannya:

· Sumber cahaya berasal dari galaksi itu sendiri dan bukan merupakan cahaya pantulan

· Antara galaksi satu dengan yang lain mempunyai jarak jutaan tahun cahaya

· Galaksi-galaksi lainnya dapat terlihat berada di luar Galaksi Bimasakti

· Galaksi punya bentuk tertentu, misalnya bentuk spiral, bentuk elips, dan bentuk tidak beraturan

· Galaksi mempunyai inti yang bercahaya di pusatnya sehingga mudah untuk dikenali

Nama Galaksi

Melansir dari Modul Alam Semesta dan Benda-benda Angkasa (2000) oleh Mohammad Soerjani bahwa ada beberapa nama-nama galaksi yang ada di alam semesta. Jadi tidak hanya Bima Sakti dan Andromeda saja nih detikers. Yuk simak di bawah ini nama-nama galaksi:

1. Galaksi Bima Sakti

Galaksi Bima Sakti ini pertama kali ditemukan pada 18 Juli 1783, oleh seorang astronom Inggris William Herschel. Galaksi Bima Sakti memiliki 400 milyar bintang dengan garis tengah sekitar 130.000 tahun cahaya (1 tahun cahaya sama dengan 9.500 milyar kilometer).

2. Galaksi Ursa Mayor

Galaksi Ursa Mayor ini memiliki jarak sekitar 10.000 tahun cahaya dari galaksi utama yaitu galaksi Bima Sakti. Galaksi Ursa Mayor ini memiliki bentuk elips dan juga rapat jika dibandingkan dengan bentuk atau nama dari galaksi lain.

3. Galaksi Magellan

Galaksi Magellan dapat dikatakan sebagai bentuk galaksi yang cukup dekat dengan galaksi utama Bima Sakti. Di mana memiliki jarak kurang lebih dari 150.000 tahun cahaya dan letaknya ada di bagian langit selatan. Berbeda dari galaksi lain, di mana galaksi Magellan bentuknya cukup tidak beraturan.

4. Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda memiliki ukuran yang cukup besar dengan diameter 200.000 tahun cahaya. Dapat dikatakan bahwa galaksi Andromeda ini ukurannya dua kali lipat dari ukuran diameter dari galaksi Bima Sakti. Menurut para ahli bahwa bentuk dari galaksi Andromeda bahwa bentuknya bulan dan ukurannya yang besar.

5. Galaksi Black Eye

Galaksi Black Eye ini memiliki cincin dan warnanya sangat gelap. Di mana ditemukan oleh Charles Messier pada tahun 1781. Galaksi ini memang memiliki ciri khas dari cincin yang terbuat dari kabut dan mengelilingi pada intinya yang bersinar. Para ahli memperkirakan jika interval atau jarak dari galaksi Black Eye sekitar lebih dari 16 juta hingga 17 juta tahun cahaya.

6. Galaksi Jauh

Galaksi jauh ini jaraknya sangat jauh dari galaksi Bima Sakti. Di mana jarak interval dari galaksi Bima Sakti sekitar 10 juta tahun cahaya. Contoh dari galaksi jauh ini ada galaksi Whirlpool, galaksi Triangulum, dan galaksi Silvery.

Nah, itu adalah pengertian, ciri-ciri, dan nama galaksi di alam semesta. Selamat belajar detikers!



Simak Video "Pria Ngaku Dewa Matahari Alami Gangguan Jiwa, Kasusnya Dihentikan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia