Kamu Punya IQ 142 Seperti El Rumi? Ternyata Ini Artinya

Anisa Rizki - detikEdu
Jumat, 22 Jul 2022 16:45 WIB
El Rumi saat ditemui di kawasan studio Trans TV.
Apa arti punya IQ 142 kayak El Rumi? Foto: Pool/Noel/detikFoto
Jakarta -

Intelligence Quotient (IQ) merupakan kecerdasan intelektual yang dapat diukur dengan tes. Jalaluddin El Rumi atau El diketahui memiliki skor IQ 142. Skor IQ putra kedua Maia Estianty dalam pernikahan dengan Ahmad Dhani itu terungkap ketika ia berbincang dengan Rudy Salim di salah satu tayangan YouTubenya.

El juga mendapatkan nilai ujian nasional yang tinggi dengan rata-rata di atas 85. Lantas, apa artinya jika kamu memiliki skor IQ 142 seperti El Rumi? Dikutip dari Very Well Mind, orang yang memiliki skor 130 hingga 144 merupakan seseorang yang cukup berbakat (moderately gifted).

Sementara itu, Deborah Ruf, Ph.D. lewat penelitiannya yang kemudian dipublikasi di buku 5 Levels of Gifted: School Issues and Educational Options, menemukan dan mendefinisikan lima tingkat bakat yang berbeda. Ada di level berapakah intelegensi seseorang yang memiliki IQ 142 menurut Ruf?

Punya IQ 142, Apa Artinya?

Berdasarkan penelitian Ruf, orang yang punya skor dengan IQ tersebut berada di level empat. Ruf mendefinisikan bahwa orang-orang di level empat memiliki bakat yang luar biasa.

Ruf mengatakan bahwa orang dengan IQ141ke atas (dalam hal ini IQ 142) memiliki minat tinggi terhadap buku saat usia 3 hingga 4 bulan. Bahkan, orang dengan rentang IQ ini tahu seluruh alfabet saat usia 15 hingga 22 bulan.

"Pada empat atau lima tahun dapat melakukan banyak fungsi akademik dan intelektual dari anak berusia delapan tahun. Membaca untuk kesenangan dan informasi pada usia lima tahun," demikian bunyi penjelasan level 4 menurut Ruf, dikutip dari laman resmi konsultan pendidikan asal AS Eleanor Munson, Ph.D.

Di usia 5,5 tahun, orang dengan IQ di level ini dapat memainkan permainan kartu dan permainan papan tingkat dewasa. Lalu, pada kelas 3 atau 4 SD, mereka sebagian besar mampu menyelesaikan semua pekerjaan akademik kelas 8 atau kelas 2 SMP). Saat usia 10 hingga 12, mereka sudah bisa kuliah di perguruan tinggi.

Kendati demikian, tak selamanya angka IQ konstan. Artinya, IQ bisa berubah.

Richard Nisbett, profesor psikologi di University of Michigan mengatakan bahwa IQ dapat berubah seiring waktu. Namun, tes IQ memberi jawaban yang sama sampai tingkat yang sangat substansial, bahkan selama periode tahun. Semakin tua, semakin stabil skor tesnya.

Lalu, apa saja yang jadi penyebab IQ berubah? Jawaban selengkapnya bisa kamu baca di sini.



Simak Video "Ahmad Dhani Bangga El Rumi Menang Adu Tinju Lawan Winson"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia