6 Cara agar Disukai Banyak Orang Menurut Sains, Simak Ya!

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 18 Jul 2022 14:00 WIB
Best friends drinking tea, eating cookies and talking at home
Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio/6 Cara agar Disukai Banyak Orang Menurut Sains, Simak Ya!
Jakarta -

Apa yang membuat kamu disukai orang-orang sekitarmu? Mungkin banyak orang akan sulit menemukan alasan dengan tepat. Karena untuk disukai banyak orang dalam pergaulan bergantung pada kemampuan emosi masing-masing individu.

Untuk menemukan alasan mengapa individu bisa disukai lingkungannya, para ilmuwan mencoba untuk menunjukkan dengan tepat faktor-faktor yang menarik satu orang ke orang lain.

Secara umum, seseorang dengan kemampuan yang bisa menarik orang lain cenderung lebih disukai lingkungannya. Hal ini bisa menjadi gambaran baru tentang pergaulan setiap individu.

Berikut ini beberapa temuan ilmuwan terhadap hal menarik pada diri seseorang yang bisa disukai lingkungannya, dikutip dari Independent:

6 Cara Agar Disukai Banyak Orang Menurut Sains


1. Meluangkan Waktu untuk Orang yang Menganggap Kamu Teman

Secara umum, orang cenderung menyukai orang lain yang lebih akrab dengan mereka karena memiliki banyak waktu bersama.

Salah satu contoh fenomena ini pernah ditunjukkan oleh psikolog di University of Pittsburgh dengan menampilkan empat wanita yang berpose sebagai mahasiswa di kelas psikologi saat kuliah.

Setiap wanita tersebut muncul di kelas beberapa kali. Ketika peneliti menunjukkan kepada mahasiswa laki-laki gambar empat perempuan, laki-laki menunjukkan afinitas yang lebih besar untuk perempuan yang mereka lihat lebih sering di kelas, meskipun mereka tidak berinteraksi dengan salah satu dari mereka.

Secara sederhana penelitian ini menunjukkan, meski belum dekat dengan seseorang dalam pergaulan, namun ketika kita meluangkan waktu untuk orang yang ingin kita ajak berteman, bisa menjadi lebih akrab ke depan.

2. Tidak Ragu untuk Memuji

Orang cenderung akan mudah menilai orang lain dengan kepribadian yang ditunjukkan dalam pergaulan.

Hal ini juga mirip dengan apa yang dikatakan Gretchen Rubin dalam bukunya "The Happiness Project", bahwa "apapun yang Anda katakan tentang orang lain memengaruhi cara orang melihat Anda."

Jika kita menggambarkan orang lain sebagai orang yang tulus dan baik, maka orang juga akan menggambarkan kita dengan kualitas tersebut.

Begitupun sebaliknya, jika kita terus-menerus menjelek-jelekkan orang di belakang mereka, maka teman-teman kita juga akan mulai menggambarkan kualitas negatif pada diri kita juga.

3. Kontak Mata dan Hindari HP

Hal sederhana yang sulit dilakukan adalah melakukan kontak mata saat berbicara atau komunikasi. Hal penting ini penting karena bisa membuat orang lain merasa lebih dihargai.

Selain itu, dalam komunikasi langsung juga wajib menghindari HP. Terlebih di era media sosial seperti sekarang, ruang obrolan langsung sering terasa asing karena masing-masing orang sibuk bermain HP saat tatap muka.

Dengan melakukan hal ini sesering mungkin, bukan tak mungkin kamu jadi lebih disukai banyak orang karena menghargai hal yang kamu lakukan.

4. Cobalah untuk Menampilkan Emosi Positif

Menurut sebuah makalah penelitian dari Universitas Ohio dan Universitas Hawaii, orang secara tidak sadar dapat merasakan emosi orang-orang di sekitar mereka.

Peneliti mengatakan hal ini bisa terjadi karena kita secara alami bisa meniru gerakan dan ekspresi wajah orang lain, yang kemudian bisa membuat kita merasakan sesuatu yang mirip dengan apa yang mereka rasakan.

Jika ingin membuat orang lain merasa bahagia saat mereka ada di dekat kita, maka kita bisa mencoba menampilkan emosi positif.

5. Tersenyum

Dalam satu penelitian di University of Wyoming, Amerika Serikat, hampir 100 wanita sarjana dicoba untuk melihat foto wanita lain dalam salah satu dari empat pose.

Empat pose tersebut yakni tersenyum dalam posisi tubuh terbuka, tersenyum dalam posisi tubuh tertutup, tidak tersenyum dalam posisi tubuh terbuka , atau tidak tersenyum dalam posisi tubuh tertutup.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita di foto yang paling disukai adalah saat pose tersenyum, terlepas dari posisi tubuhnya.

Penelitian lain di Universitas Stanford dan Universitas Duisburg-Essen juga menemukan bahwa mahasiswa yang berinteraksi satu sama lain melalui emoticon merasa lebih positif dalam interaksi ketika ada emoticon yang digunakan dengan gambar senyum yang lebih lebar.


6. Menampilkan Selera Humor

Penelitian dari Illinois State University dan California State University di Los Angeles menemukan bahwa, terlepas dari apakah orang sedang memikirkan teman ideal atau pasangan romantis mereka, selera humor sangat penting.

Studi lain dari para peneliti di DePaul University dan Illinois State University juga menemukan bahwa menggunakan humor saat pertama kali mengenal seseorang dapat membuat orang tersebut lebih menyukai kita.

Faktanya, penelitian tersebut menunjukkan bahwa berpartisipasi dalam hal yang lucu dapat meningkatkan ketertarikan romantis, baik dalam pergaulan umum ataupun hal ke pasangan.

Nah, itulah 6 cara yang bisa dicoba agar lebih disukai orang lain. Perlu diperhatikan detikers bahwa semua hal di atas bukan dilakukan agar kita mencari muka di depan orang lain, namun menujukkan emosi positif agar tercipta lingkungan positif dalam pergaulan.



Simak Video "Rumah atau Nikah, Ini Jawaban Vidi Aldiano "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia