Apa Itu Ekuator? Begini Fungsi dan Negara yang Dilintasinya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Sabtu, 16 Jul 2022 08:00 WIB
Peta dunia 2021 politik
Garis khatulistiwa adalah garis lintang 0 derajat yang membelah planet menjadi dua kutub, belahan bagian utara dan selatan. Foto: Wikimedia Commons/CIA World Factbook
Jakarta -

Familiar dengan istilah ekuator? Bagaimana dengan istilah garis khatulistiwa, apakah kamu pernah tahu? Secara definitif, ekuator dan garis khatulistiwa tampaknya sama saja. Ekuator merupakan kata serapan dari diksi bahasa Inggris 'equator ', yang berarti garis khatulistiwa.

Ekuator adalah garis imajinasi yang divisualisasikan pada bagian tengah planet, membaginya menjadi kutub yang belahan bumi bagian utara dan juga kutub yang belahan bumi bagian selatan.

Garis ekuator merupakan garis lintang yang mengabdikan bumi menjadi dua bagian dengan nilai 0 derajat bumi. Ekuator digambar di titik tengah bumi, di antara dua kutub. Ekuator bersifat parsial pada poros rotasi bumi.

Fungsi Ekuator

Tidak dapat dinafikan bahwa ekuator adalah komponen yang penting untuk menggambarkan kutub bumi menjadi dua. Berikut fungsi utama ekuator atau garis khatulistiwa:

  • Komponen yang mendikotomi atau membagi bumi menjadi dua, yakni kutub belahan bumi bagian utara dan kutub belahan bumi bagian selatan
  • Instrumen yang diimplementasikan sebagai rujukan utama untuk menemukan tempat di suatu daerah atau negara
  • Referensi utama untuk menentukan diferensiasi pada iklim di planet bumi

Negara yang Dilintasi Garis Ekuator

Ada beberapa negara yang dilintasi oleh garis ekuator, seperti dikutip dari buku Tugu Khatulistiwa (2018) yang disusun oleh Husnul Khatimah. Berikut adalah negara-negara yang dilintasi oleh garis ekuator:

  1. Sao Tome dan Principe
  2. Gabon
  3. Republik Kongo
  4. Republik Demokratik Kongo
  5. Uganda
  6. Kenya
  7. Somalia
  8. Indonesia
  9. Ekuador
  10. Kolombia
  11. Brazil
  12. Maladewa
  13. Kiribati
  14. Amerika Serikat

Selain negara-negara di atas, ada samudra yang juga dilintasi oleh garis ekuator, seperti Samudra Pasifik, Samudra Hindia, dan Samudra Atlantik.

Kesimpulannya, ekuator adalah garis yang menggabungkan planet menjadi 2 kutub sehingga menjadi rujukan utama untuk menemukan tempat di suatu daerah atau negara.



Simak Video "Kasus Covid-19 RI Tambah 1.683, DKI Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia