4 Benua yang Berada Pada Garis Lintang Nol Derajat, Apa Saja?

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 02 Sep 2021 09:00 WIB
Tugu Khatulistiwa tak hanya ada di Pontianak. Di Pulau Kayoa, Halmahera Selatan, ada juga Tugu Khatulistiwa yang berdiri kokoh sejak tahun 2014. Penasaran?
Asia termasuk benua yang berada pada garis lintang nol derajat. Di Pulau Kayoa, Halmahera Selatan, ada juga Tugu Khatulistiwa yang berdiri kokoh sejak tahun 2014 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Di bumi ini, ada sejumlah benua yang dilewati garis lintang nol derajat atau yang disebut juga garis khatulistiwa, garis ekuator, atau garis lini. Garis lintang adalah garis lurus yang membentang di permukaan bumi dengan arah timur dan barat, demikian dikutip dari Referensi Pintar Atlas Geografi Indonesia dan Dunia, Terlengkap dan Terbaru karangan Tim Guru Geografi.

Garis lintang membagi bumi menjadi bagian utara dan selatan. Garis lintang kerap digunakan sebagai penanda pembagian zona iklim di muka bumi. Garis ini terdiri dari empat, yaitu garis lintang 0 derajat, garis lintang 23,5 derajat, garis lintang 66,5 derajat, dan garis lintang 90 derajat.

Benua yang berada di garis khatulistiwa

Menurut ensiklopedia Reference, ThoughtCo., dan buku Pengantar Sistem Informasi Geografis karya Rolly Maulana Awangga, keempat benua yang dilewati garis lintang nol derajat atau khatulistiwa ini adalah Australia dan Oceania, Amerika (bagian selatan), Afrika, dan Asia.

Selanjutnya ada 13 negara dari keempat benua tersebut yang berada di garis lintang nol derajat. Sebagian besar berada di Benua Afrika.

13 Negara yang dilewati garis khatulistiwa

1. Kiribati di Australia dan Oceania

2. Ekuador di Amerika Selatan

3. Kolombia di Amerika Selatan

4. Brazil di Amerika Selatan

5. Sao Tome dan Principe di Afrika

6. Gabon di Afrika

7. Republik Demokratik Kongo di Afrika

8. Kongo di Afrika

9. Kenya di Afrika

10. Uganda di Afrika

11. Somalia di Afrika

12. Maldives (Maladewa) di Asia

13. Indonesia di Asia

Itulah benua dan negara yang berada pada garis lintang nol derajat atau garis khatulistiwa. Sebagai tambahan informasi untuk detikers, Buku Referensi Pintar Atlas Geografi Indonesia mengatakan bahwa garis lintang digunakan untuk menandai perbedaan zona iklim.



Simak Video "Liburan Seru ke Kota Khatulistiwa, Kalimantan Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia