Kisah Orang Zuhud Meninggal di Gunung dan Jenazahnya Diurus Malaikat

Kristina - detikEdu
Sabtu, 16 Jul 2022 05:00 WIB
Arab man praying on mat in desert. Male is in traditional wear. He is kneeling on sand.
Ilustrasi orang zuhud yang meninggal di gunung. Foto: Getty Images/xavierarnau
Jakarta -

Kisah kali ini datang dari orang zuhud yang biasa mengembara di gunung-gunung. Ia tidak memiliki keinginan dan hasrat sedikit pun terhadap dunia dan kesenangan. Hingga pada akhirnya, ia meninggal dunia dan jenazahnya diurus langsung oleh empat malaikat.

Kisah ini diceritakan oleh Abu Utbah Al-Khawwash sebagaimana ditulis Imam Ibnul Jauzi dalam 'Uyun Al-Hikayat Min Qashash As-Shalihin wa Nawadir Az-Zahidin dan diterjemahkan oleh Abdul Hayyi Al-Kattani.

Pada suatu ketika, Abu Utbah Al-Khawwash mendatangi sebuah pantai yang tidak berpenghuni dan tidak pernah disinggahi oleh kapal. Tiba-tiba di sana ia melihat seseorang keluar dari pegunungan yang ada di sana.

Begitu melihat keberadaan Abu Utbah Al-Khawwash, orang itu langsung lari menghindar. Abu Utbah pun mengejarnya dan berhasil karena orang tersebut tersungkur jatuh.

"Kamu lari dari siapa? Semoga Allah merahmatimu!" tanya Abu Utbah Al-Khawwash. Tapi orang tersebut hanya diam dan tidak berbicara apapun.

"Saya menginginkan kebaikan, maukah engkau memberiku suatu pelajaran?" kata Abu Utbah Al-Khawwash lagi.

Zahid (orang yang zuhud) itu pun menjawab, "Tetaplah engkau konsisten teguh di atas kebenaran di mana pun engkau berada. Demi Allah, sungguh saya tidak memuji diriku sendiri dan merasa diri ini baik, hingga saya layak menyuruhmu untuk meniru amal perbuatan yang saya lakukan."

Kemudian, zahid itu tiba-tiba menjerit lalu terjatuh dan meninggal dunia. Hal ini membuat Abu Utbah Al-Khawwash kebingungan.

Pada malamnya, Abu Utbah Al-Khawwash mencari tempat istirahat yang tidak terlalu jauh dari lokasi jasad zahid tersebut. Ia kemudian bermimpi melihat empat sosok turun dari langit ke bukit yang merupakan lokasi jasad orang tersebut berada.

Lalu, mereka (sosok dari langit) menggali kuburan, kemudian mengafani mayat zahid itu, menyalatinya, dan mengukurbannya. Abu Utbah Al-Khawwash pun kaget dan langsung terbangun. Ia pun tidak bisa tidur lagi setelah itu.

Begitu pagi tiba, Abu Utbah Al-Khawwash bergegas menuju lokasi jasad zahid tadi. Tetapi, ia tidak melihat lagi jasadnya di sana. Ia pun terus mencari di mana jasad itu berada.

Hingga akhirnya, ia menemukan sebuah kuburan baru. Lalu ia pun berpikir bahwa kuburan itu adalah yang ia lihat dalam mimpinya tadi malam. Jenazah orang zuhud itu ternyata diurus langsung oleh malaikat.



Simak Video "Alasan Kisah Mistis Tetap Digemari Masyarakat Menurut Risa Saraswati"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia