Ngelas di Air Dapat Gaji Jutaan Rupiah, Bisa Buat Siswa SMK, Lho!

Nikita Rosa Damayanti Waluyo - detikEdu
Jumat, 15 Jul 2022 16:00 WIB
Underwater welding atau pengelasan bawah air, salah satu ilmu yang bisa dipelajari di SMK dan jadi bekal pekerjaan ahli las bawah laut.
Profesi underwater welder, ahli las bawah laut. Foto: Dok. Vokasi Kemendikbudristek
Jakarta -

Siswa SMK, terutama yang memilih kompetensi keahlian di jurusan teknik pengelasan, pasti tidak asing dengan welding atau pengelasan. Pengelasan biasanya dilakukan di bengkel atau di darat. Lantas, bagaimana jika pengelasan dilakukan di air?

Melansir dari laman Vokasi Kemendikbud, pekerjaan ini disebut dengan underwater welder. Underwater welder atau ahli las bawah air merujuk pada profesi pengelasan yang dilakukan di bawah air. Pengelasan biasanya dilakukan di dalam laut, tepatnya di tengah laut lepas.

Para ahli las bawah air biasanya akan bekerja untuk melakukan pengelasan pada lambung kapal yang rusak, seperti bocor atau robek. Di unit pengeboran minyak, seorang ahli las bawah air akan bekerja jika terjadi sambungan pipa gas atau minyak yang bocor di tengah laut.

Underwater welder ini menjadi salah satu profesi yang patut diperhitungkan. Utamanya, bagi para lulusan vokasi di bidang kompetensi Teknik Pengelasan.

Guru Teknik Pengelasan dari SMKN 1 Batam, Kepulauan Riau Ahmad Husein mengatakan, tidak semua ahli las bisa melakukan pekerjaan pengelasan di bawah air. Menurutnya, selain harus menguasai teknik-teknik dalam pengelasan, seorang underwater welder juga harus memiliki sejumlah kriteria khusus lainnya.

Bekerja di laut lepas tentu memiliki medan yang berbeda dengan bekerja di daratan. Maka dari itu, seorang underwater welder harus memiliki penguasaan pada medan kerja. Para ahli las bawah air ini harus mampu berenang, menyelam, serta memiliki sertifikat menyelam.

"Karena area pekerjaan mereka di laut lepas dan titik pengelasan bisa saja di kedalaman, maka mereka tidak hanya bisa berenang. Akan tetapi, mereka juga harus pandai menyelam dan memiliki sertifikat menyelam," kata Ahmad dikutip dari laman Vokasi Kemendikbud, Kamis (14/7/2022).

Meski terdengar cukup menantang, ahli las bawah air rupanya selalu menjadi incaran para pengusaha di bidang perkapalan ataupun pengeboran minyak di laut. Tak heran, jika para underwater welder memiliki penghasilan yang cukup tinggi. Menurut Ahmad, seorang ahli las bawah air ini bisa mengantongi US$350 per hari untuk pekerjaannya.

"Kalau standar dunia itu US$350 per hari. Jadi, ya sekitar Rp5 juta per hari lah," kata Ahmad.

Meski dihitung per hari, nyatanya dalam bekerja, seorang underwater welder paling banyak bekerja selama dua jam setiap harinya. Akibat perbedaan tekanan yang cukup tinggi antara di darat dan di dalam laut, para ahli las bawah air tidak boleh bekerja lama-lama di dalam air demi menjaga keamanan diri sendiri.

"Paling banyak mereka itu bekerja dua jam. Bisa pekak telinga kalau terlalu lama di dalam air," ujar Ahmad.

Jika tertarik, kamu bisa mencoba mendaftar ke SMKN 1 Batam dan SMK lain yang memiliki kompetensi pengelasan dalam air. Pastikan juga SMK tujuanmu punya unit laboratorium beserta peralatan yang sudah sesuai dengan industri untuk mendukung pengembangan kompetensi siswa. Tertarik menjadi ahli las bawah laut, detikers?



Simak Video "Viral Pelajar SMK di Medan Dikeroyok Sejumlah Pemuda"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia