Konsumsi Daging Kurban Berlebihan? Ahli Kesehatan UM Ingatkan Bahaya Ini

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Minggu, 10 Jul 2022 17:00 WIB
Ini 5 Cara Menyimpan Daging Kurban yang Benar, Jangan Sampai Salah!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Halfpoint
Jakarta -

Hari Raya Idul Adha adalah hari raya besar yang identik dengan penyembelihan hewan kurban. Masyarakat bisa mengonsumsi daging baik daging sapi, kambing, maupun domba.

Olahan daging ini bisa menyehatkan karena kaya akan potrein. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan berdampak buruk bagi tubuh kita.

Dede Nasrullah selaku Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya menjelaskan seseorang yang mengkonsumsi daging kurban secara berlebihan akan berisiko terkena penyakit. Dede menjelaskan, kandungan lemak dan protein yang tinggi pada daging perlu kita waspadai.

"Banyak masyarakat kita mengolah daging menjadi sate, rendang, kare dan lain sebagainya. Mengonsumsi daging bagi kesehatan memiliki banyak manfaatnya terutama dalam hal pembentukan otot, meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah anemia," jelas Dede dikutip dari laman UM Surabaya, Sabtu (9/7/2022).


Apa saja penyakit yang bisa timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi daging? Simak berikut ini.



1. Sembelit

Konsumsi daging kurban yang belerbihan akan menyebabkan sembelit atau konstipasi. Daging tidak memiliki serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi daging, maka ia perlu menyeimbangkan dengan konsumsi sayuran dan buah- buahan.



2. Masalah Pencernaan

Kedua akan muncul masalah pencernaan. Daging yang rendah serat akan menyebabkan pencernaan bermasalah. Sebab, bakteri di dalam perut yang tidak cukup mendapatkan nutrisi dari serat.



3. Dehidrasi

Ketiga akan menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Pencernaan protein membutuhkan energi besar serta air untuk membuang kelebihan nitrogen di dalam usus. Akibat banyaknya air yang digunakan, tubuh akan kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi.



4. Kolestrol

Selanjutnya terlalu banyak mengonsumsi daging akan meningkatkan risiko penyakit yang berkaitan dengan kolesterol dan lemak seperti penyakit jantung. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.



5. Keringat Berlebih

Kelima menimbulkan keringat berlebih serta dapat memicu bau badan yang tidak sedap. Saat makan daging, tubuh harus mengeluarkan energi untuk mencerna dan memproses sehingga menyebabkan seseorang mudah berkeringat dan dapat memicu bau badan yang tidak sedap.



6. Mudah Lelah

Dampak selanjutnya dari mengonsumsi daging berlebihan adalah mudah lelah. Sebab, semua energi dikeluarkan untuk mencerna makanan yang banyak mengandung daging. Selain itu, daging sapi mengandung triptofan yang tinggi. Jika mengkonsumsi terlalu banyak, maka badan akan terasa lelah dan akan memunculkan rasa kantuk setelah makan.



7. Kanker

Ketujuh, adalah meningkatkan risiko penyakit kanker. Dalam beberapa kasus, pengelolaan daging dapat membentuk senyawa karsinogenik seperti amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH). Senyawa tersebut dipercaya sebagai penyebab utama kanker.

"HCA terbentuk saat daging dimasak pada suhu tinggi, sedangkan PAH terbentuk saat pembakaran zat organik pada daging, sehingga meningkatkan resiko kanker," tegasnya.



8. Batu Ginjal

Kedelapan ialah berisiko terjadinya penyakit batu ginjal. Protein yang berlebih dikarenakan mengonsumsi daging dapat mempengaruhi ginjal. Sebab, senyawa purin dari daging dapat membentuk asam urat yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal.



9. Kenaikan Berat Badan

Nah yang terakhir adalah kenaikan berat badan Mengonsumsi daging yang berlebih dapat meningkatkan berat badan, terutama daging yang masih mengandung banyak lemak di setiap potongannya.

Itulah sembilan bahaya yang bisa timbul akibat mengonsumsi daging kurban secara berlebihan. Jangan lupa pantau asupan dagingmu hari ini, detikers!



Simak Video "Kreasi Warga Gunakan Kreneng Bambu untuk Bungkus Daging Kurban"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia