ADVERTISEMENT

4 Kebiasaan Aneh Orang Cerdas yang Jarang Disadari, Ada di Kamu?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Sabtu, 11 Jun 2022 08:00 WIB
permen karet
Foto: iStock/4 Kebiasaan Aneh Orang Cerdas yang Jarang Disadari, Ada di Kamu?
Jakarta -

Orang cerdas seringkali dikaitkan dengan kebiasaan intelektual yang semakin membuat mereka lebih pintar seperti membaca buku, bermain musik, dan lainnya. Namun di balik itu, ternyata orang cerdas juga memiliki kebiasaan aneh yang disadari lingkungan sekitar, lo.

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa kebiasaan tersebut tidak berarti mencerminkan kepribadian. Kebiasaan aneh yang dilakukan orang cerdas justru mengandung unsur pembelajaran, pemecahan masalah, dan kreativitas.

Merangkum News Delivers dan The Health, berikut ini beberapa kebiasaan aneh orang cerdas menurut penelitian.


4 Kebiasaan Aneh Orang Cerdas yang Jarang Disadari:


1. Suka mandi air dingin

Siapapun mungkin bisa mandi air dingin, tapi ternyata mandi air dingin adalah kebiasaan orang cerdas.

Sebuah penelitian dari Finlandia menunjukkan renang musim dingin adalah cara adaptasi terhadap air dingin yang dikaitkan dengan pengurangan signifikan dalam ketegangan dan kelelahan, serta peningkatan suasana hati dan memori.

Dengan kata lain, mandi air dingin dapat meningkatkan fungsi dan produktivitas otak.


2. Mengunyah permen karet

Pernahkah kamu menemukan seseorang yang punya kebiasaan mengunyah permen karet? Bisa jadi orang yang kamu temui adalah orang yang cerdas.

Sebuah studi dari Northwestern University, Amerika Serikat menunjukkan orang dengan kognisi kreatif yang tinggi cenderung memiliki ketidakmampuan untuk menyaring informasi yang dapat mengganggu.

Dalam hal ini, kebiasaan mengunyah dikaitkan dengan orang cerdas yang ingin lebih fokus bekerja atau berpikir tanpa adanya gangguan.

Peneliti menduga bahwa kebiasaan ini terkait dengan alasan yang sama dengan kebiasaan orang cerdas yang suka begadang untuk bekerja tanpa gangguan.


3. Mengutuk atau mengumpat

Kebiasaan mengumpat sering diidentifikasi sebagai kebiasaan orang yang berpendidikan rendah dan kurang cerdas.

Namun, sebuah studi oleh peneliti Timothy Jay, PhD, dan tim, menemukan bahwa secara umum, orang yang biasa mengutuk memiliki kosakata yang lebih besar atau banyak.

"Kefasihan mengumpat berkorelasi positif dengan kefasihan verbal secara keseluruhan," kata dr Jay dikutip dari The Health.

Menurut Dr Jay, semakin banyak kata yang dihasilkan dalam satu kategori, berarti semakin banyak kata yang dihasilkan dalam kategori lain, baik secara verbal maupun verbal.

Hal ini juga menunjukkan adanya kemampuan berbahasa yang merupakan salah satu ciri orang cerdas. Jadi tidak heran orang pintar tahu lebih banyak kata-kata makian meskipun mereka tidak menggunakannya sepanjang waktu.


4. Berbicara sendiri

Berbicara kepada diri sendiri sering dianggap sebagai kebiasaan aneh seperti orang gila. Padahal berbicara sendiri adalah tanda kemampuan berpikir, ingatan, dan persepsi yang lebih tinggi, alias tanda kecerdasan.

Peneliti studi dari University of Wisconsin dan University of Pennsylvania melakukan studi dengan meminta peserta untuk mengingat dan menemukan objek.

Peserta yang menyebutkan nama objek dengan lantang lebih mampu mengingat daftar item yang harus dicari daripada mereka yang menyimpannya di kepala mereka.

"Bahasa bukan hanya sistem komunikasi, tetapi saya berpendapat bahwa itu dapat meningkatkan persepsi, meningkatkan pemikiran," terang penulis studi Gary Lupyan, PhD.

Selain itu, dengan menyuarakan nama-nama objek yang sudah dikenal, otomatis mengaktifkan sifat visual di otak untuk membantu seseorang menemukan objek yang dimaksud.

Nah, itulah 4 kebiasaan orang aneh yang jarang disadari oleh lingkungan sekitar. Apakah ada kebiasaan yang detikers punya?



Simak Video "Semua Anak Berhak Cerdas"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia