Cari Tahu Pengertian, Struktur, dan Fungsi Mitokondria

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Jumat, 08 Jul 2022 13:00 WIB
Sekolah
Ilustrasi siswa sedang belajar tentang mikondria (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Tahukah kamu jika mitokondria adalah sel yang sangat penting bagi manusia. Yap, mitokondria merupakan salah satu sel dalam tubuh manusia yang memiliki tugas utama sebagai penghasil energi. Akan tetapi, apakah kamu tahu pengertian, struktur, dan juga fungsi mitokondria?

Pengertian Mitokondria

Dalam artikel ilmiah yang berjudul Penyakit Mitokondria: Review bahwa mitokondria adalah suatu organel yang terdapat pada sitoplasma, tempat terjadinya proses respirasi sel pada sel eukariot. Mitokondria adalah sel yang sangat penting bagi manusia. Mitokondria terlibat dalam berbagai proses sel yang mengandalkan energi, seperti pertumbuhan sel, pengiriman pesan sel, penuaan dan replikasi.

Secara detail, mitokondria diketahui berhubungan dengan beberapa penyakit pada organ dan jaringan tubuh yang menuntut energi termasuk jantung, otak dan otot rangka. Sebagian besar sel manusia mengandung beberapa ratus hingga beberapa ribu mitokondria. Oleh karena itu, mitokondria menjadi sel yang sangat penting.

Mengapa sel ini begitu penting? Karena bila mitokondria mengalami kerusakan akan berhubungan erat dengan sel yang akan mati. Mitokondria berbentuk elips dan terdiri dari dua lapisan membran sel. Membran bagian luar terdiri dari lapisan protein dan lipid dengan ratio 50:50, sedangkan membran bagian dalam terdiri dari protein dan lipid dengan perbandingan 80:20.

Struktur Mitokondria

Mitokondria ini memiliki struktur yang cukup penting untuk kamu ketahui. Berikut penjelasannya:

· Mitokondria memiliki sistem membran ganda. Di mana membran luar adalah halus dan membran dalam melipat ke dalam dan berbelit-belit membentuk Krista

· Membran ganda dari mitokondria membentuk dua kompartemen yang diisi dengan cairan. Ruang di dalam kompartemen terletak antara membran luar dengan Krista, dan matrik mitokondrial pusat terbentuk oleh membran Krista dalam. Susunan ini memfasilitasi fungsi mitokondria

· Sel dapat memiliki mitokondria dari sedikit sampai banyak. Hal ini tergantung energi yang dibutuhkan oleh sel

· Mitokondria mengandung DNA-nya sendiri dan ribosomnya dapat bereplikasi sendiri

Fungsi Mitokondria

Mitokondria adalah organel yang tersebar dalam sitosol organisme eukariot. Lalu apa fungsi mitokondria?

· Pengubahan energi potensial dalam bentuk makanan menjadi ATP

· Menjadi tempat terjadi metabolisme oksidatif menjadi respirasi seluler

· Mengkoordinasikan energi kimia yang dilepaskan dari oksidasi bahan makanan di bagian membran dalam

Nah, itu adalah pengertian, struktur, dan fungsi mitokondria. Bagaimana detikers, apakah sudah paham mengenai mitokondria?



Simak Video "Ingin Jalani Pembekuan Sel Telur? Ini Syarat yang Harus Diperhatikan"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia