Sering Main Gadget Lebih dari 5 Jam per Hari? Penemu HP Beri Pesan Ini

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 08 Jul 2022 07:30 WIB
Touch Screen Smartphone Lying on the Table while Person is Typing a Message. Concept of Email Writing, Chatting in Social Media Apps, Sending an SMS, Taking Note. Close-up Macro View
Foto: iStock/gorodenkoff/Sering Main Gadget Lebih dari 5 Jam per Hari? Penemu HP Beri Pesan Ini
Jakarta -

Pernahkah menghitung seberapa lama kamu menggunakan HP dalam sehari? Mungkin rata-rata bisa mencapai 3-5 jam per hari dan bisa jadi lebih.

Berdasarkan catatan Phone Arena, sebanyak 46% masyarakat Amerika Serikat dalam survey telah menghabiskan 5-6 jam dengan ponsel per harinya.

Sedangkan 11% menggunakan perangkat tersebut selama 7 jam atau bahkan lebih dalam sehari.

Sementara di Indonesia, menurut data App Annie di kuartal kedua tahun 2021, pengguna HP di Indonesia menghabiskan 5,3 jam dalam sehari untuk menggunakan aplikasi. Angka ini naik 35% dibandingkan kuartal kedua tahun 2019.

Di antara negara-negara Asia, pengguna HP Indonesia adalah yang paling banyak menghabiskan waktu di depan aplikasi.

Pesan dari Penemu HP Pertama di Dunia

Baru-baru ini, penemu ponsel pertama di dunia, Martin Cooper terkejut dengan kebiasaan orang generasi sekarang yang menghabiskan banyak waktu dengan smartphone.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC Breakfast, menanggapi co-host yang mengatakan bahwa dia menghabiskan waktu lebih dari lima jam per hari di teleponnya.

"Anda yakin Anda benar-benar menghabiskan lima jam sehari? Dapatkan kehidupan!" katanya, dikutip dari New York Post.

Cooper mengklaim dirinya hanya menghabiskan kurang dari 5% waktunya dengan HP. Hal ini berbeda dengan kebanyakan orang yang menghabiskan waktunya lebih lama.

Ide Awal Penemuan HP

Cooper adalah ponsel pertama di dunia pada tahun 1973. Dia menemukan Motorola DynaTAC 8000X. Saat itu, telepon di dalam mobil sedang populer.

Idenya berawal dari keinginan untuk membuat telepon portabel yang dapat dibawa orang ke dalam mobil mereka, tetapi juga dikeluarkan dari kendaraan dan digunakan saat mereka keluar dan menjalankan tugas.

Selain itu, Cooper juga ingin setiap orang memiliki nomor telepon sendiri. Karena saat itu, nomor telepon hanya dikaitkan dengan tempat-tempat, seperti rumah, mobil atau meja.

Dengan ide itu, Motorola kemudian menginvestasikan jutaan dolar untuk proyek Cooper. Hanya butuh waktu tiga bulan bagi Cooper dan timnya untuk membuat telepon, kemudian jadilah Motorola DynaTAC 8000X.

Saat itu berat HP yang diciptakan Cooper adalah 2½ pon (1,13 kg) dan panjangnya 10 inci (24 cm). Kemudian kapasitas baterainya hanya sanggup menyala 25 menit dan butuh 10 jam untuk mengisi ulang.

HP tersebut kemudian diluncurkan 10 tahun kemudian pada 1983 dengan harga yang cukup mahal saat itu yakni US$3.995 atau sekitar Rp 59 Juta.



Simak Video "10 HP Android Kelas Menengah Paling Ngebut Sedunia "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia