Ini Daftar Aplikasi yang Bisa Bikin Mahasiswa Belajar secara Efektif

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 18 Mar 2022 09:00 WIB
Bangkok, Thailand - April 1, 2020 : iPhone 7 showing its screen with popular online meeting applications which are Zoom, Microsoft Teams and Hangouts Meet by Google.
Foto: iStock/Wachiwit/Daftar Aplikasi yang Bisa Bikin Mahasiswa Belajar secara Efektif
Jakarta -

Sistem perkuliahan yang masih berjalan daring membuat mahasiswa harus melakukan berbagai cara agar tetap produktif. Salah satunya adalah dengan beradaptasi dengan aplikasi di gadget yang bisa bermanfaat.

Aplikasi penunjang ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa dalam menjalankan kuliah daring dan mengerjakan tugas baik individu maupun kelompok.

Lantas, aplikasi apa saja yang dimaksud? Berikut ulasannya dikutip dari akun instagram Institut Teknologi Batam (Iteba).

Daftar Aplikasi Bermanfaat untuk Mahasiswa:

1. Aplikasi untuk rapat dan presentasi

- Zoom

Aplikasi satu ini menjadi hal wajib bagi para mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan online. Untuk menggunakannya pun mudah, tinggal unduh dan pasang di HP masing-masing mahasiswa.

Untuk memulai perkuliahan online dengan menggunakan Zoom, mahasiswa perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk pembuatan akun. Jika sudah, bisa masuk ke link tertentu dengan nama asli.

- Google Meet

Serupa dengan Zoom, aplikasi ini juga sering digunakan dalam perkuliahan online. Google Meet ini merupakan layanan komunikasi video yang disediakan oleh Google.

Jika berlangganan Google Meet premium, pengguna akan bisa mendapat fasilitas untuk melakukan panggilan selama 300 jam dengan maksimal partisipan sebanyak 150 orang.

Selain itu, detikers juga bisa menggunakan fitur merekam rapat dan fitur menonaktifkan kolom chat di Google Meet.

- GoTo Meeting

Aplikasi GoToMeeting juga biasa digunakan untuk rapat online, berbagi desktop, dan konferensi video yang memungkinkan pengguna untuk bertemu dengan pengguna komputer lain melalui Internet.

2. Aplikasi untuk komunikasi

- Slack

Karena mahasiswa sering melakukan diskusi, Slack bisa jadi solusinya. Slack merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan, file, dan lain-lain dalam satu tempat.

- Microsoft Teams

Mengutip laman resmi Microsoft, Microsoft Teams adalah aplikasi kolaborasi yang dirancang untuk pekerjaan hibrida sehingga antar mahasiswa tetap mendapatkan informasi, tertata, dan terhubung semua di satu tempat.

- Google Hangout

Google Hangout adalah aplikasi pesan instan hingga video call yang dikembangkan Google sejak tahun 2013.

Untuk menggunakannya pun mudah karena sebenarnya yang kamu perlukan hanyalah akun Gmail.

3. Aplikasi untuk file sharing

- Google Drive

Google Drive adalah tempat yang aman untuk mencadangkan dan mengakses semua file dari perangkat mana pun.

Dengan aplikasi ini, mahasiswa bisa mengundang teman untuk melihat, mengedit, atau memberi komentar di file atau folder mana pun dengan mudah.

- Dropbox

Sama halnya dengan Google Drive, Dropbox juga menjadi aplikasi tempat penyimpanan media untuk sinkronisasi antar perangkat.

Data -data yang dapat disimpan biasanya adalah gambar, video, audio, dokumen, program dan juga aplikasi.

- OneDrive

Ada juga pilihan lain untuk berbagi file penting kuliah. Mahasiswa bisa memakai OneDrive untuk menyimpan dan melindungi file serta membagikannya dengan orang lain.


Nah, itulah sederet aplikasi bermanfaat untuk mahasiswa agar bisa belajar secara efektif. Apakah detikes sudah menggunakannya?



Simak Video "4 Aplikasi Wajib Bagi Para Pekerja"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia