ADVERTISEMENT

Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya agar Keinginan Terkabul

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 07 Jul 2022 07:00 WIB
sholat tahajud
Ilustrasi. Bagaimana tata cara sholat tahajud yang benar? (iStock)
Jakarta -

Tata cara sholat tahajud dan bacaannya perlu diamalkan sebaik-baiknya dengan tepat agar doa dan keinginan yang dipanjatkan dapat terkabul. Utamanya lagi, waktu tahajud termasuk dalam salah satu waktu mustajab untuk memanjatkan doa.

"Sholat tahajud menyebabkan doa seorang hamba terkabul. Karena pada waktu malam, khusus pertengahan malam terakhir merupakan waktu yang paling dekat antara hamba dengan Rabbnya," tulis Dr. KH. M. Hamdan Rasyid dalam Panduan Muslim Sehari-hari.

Keterangan ini didasarkan dari hadits Rasulullah SAW yang dikisahkan oleh Amr bin 'Abasah. Rasulullah SAW bersabda,

أقرب ما يكون الرب من العبد في جوف الليل الآخر فإن استطعت أن تكون ممن يذكر الله في لتلك الساعة فكن

Artinya: "Saat-saat terdekat antara Tuhan dengan seorang hamba adalah di tengah malam yang akhir. Oleh karena itu, jika engkau ingin menjadi orang yang senantiasa berzikir kepada Allah pada waktu itu, maka lakukanlah." (HR At Tirmidzi).

Dalam hadits lain juga dijelaskan, waktu tahajud adalah waktu Allah SWT turun ke langit dunia. Berikut bunyi haditsnya,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: "Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman, 'Orang yang berdoa kepadaKu akan Kukabulkan, orang yang meminta sesuatu kepadaKu akan kuberikan, orang yang meminta ampunan dariKu akan Kuampuni." (HR Bukhari dan Muslim).

Jabir RA juga pernah mendengar Rasulullah SAW menyebut salah satu yang tepat untuk memanjatkan doa dan waktu yang dimaksud adalah waktu tahajaud. Rasulullah SAW bersabda,

ن في الليل لساعة، لا يُوَافِقُهَا رجُلٌ مُسلم يَسأل الله تعالى خيرًا من أمْرِ الدنيا والآخرة، إلا أعْطَاه إِياه، وذلك كُلَّ ليلة

Artinya: "Sesungguhnya pada malam hari ada satu waktu dimana tak seorang muslim pun yang berdoa tentang kebaikan dunia dan akhirat tepat pada saat itu kecuali akan dikabulkanNya. Dan itu ada pada setiap malam," (HR Muslim).

Agar doa dan keinginan muslim terkabul seperti disebutkan dalam keterangan hadits di atas, ada baiknya juga perlu mengamalkan sholat tersebut dengan tata cara sholat tahajud dan bacaannya yang tepat. Berikut tata cara lengkapnya.

Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaannya

1. Membaca niat sholat tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Ushallii sunnata-t-tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla

Artinya: "Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

2. Takbiratul ihram diikuti doa iftitah

للَّٰهُ أَكْبَ

Bacaan latin: Allahu akbar

Artinya: Allah Maha Besar

Kemudian dilanjutkan membaca doa iftitah yang salah satu versinya berbunyi:

اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ مِنْ نَفْخِهِ وَنَفْثِهِ وَهَمْزِهِ

Bacaan latin: Allahu akbar kabiiro, allahu akbar kabiiro, allahu akbar kabiiro, walhamdulillahi katsiiro, walhamdulillahi katsiiro, walhamdulillahi katsiiro, wa subhanallahi bukrotaw washilaa, wa subhanallahi bukrotaw washilaa, wa subhanallahi bukrotaw washilla a'udzu billahi minasy syaithooni min nafkhihi, wa naftshihi, wa hamzih.

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah di waktu pagi dan sore. Maha Suci Allah di waktu pagi dan sore. Maha Suci Allah di waktu pagi dan sore. Aku berlindung kepada Allah dari tiupan, bisikan, dan godaan setan." (HR Abu Daud).

Tata cara sholat tahajud lainnya, klik selanjutnya >>

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia