Apa yang Harus Dilakukan ketika Malam Nuzulul Quran?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 18 Apr 2022 16:30 WIB
Nuzulul Quran
Ilustrasi Nuzulul Quran. Apa yang harus dilakukan ketika malam Nuzulul Quran? (Getty Images/iStockphoto/Tenerum)
Jakarta -

Nuzulul Quran adalah peristiwa diturunkannya Al Quran oleh Allah SWT sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai peristiwa bersejarah turunnya pedoman hidup umat muslim, apa yang harus dilakukan ketika malam Nuzulul Quran?

Perlu diketahui, malam Nuzulul Quran juga mengandung sejumlah kemuliaan. Malam tersebut disebut sebagai malam yang penuh berkah, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ad Dukhan ayat 3,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

Artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan,"

Di samping itu, dijelaskan pula dalam surat Ad Dukhan ayat 4 bahwa malam Nuzulul Quran menjadi malam di mana takdir tahunan dicatat,

وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ

Artinya: "Pada (malam itu) dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah,"

Ach. Faiz dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Madura dalam keterangan tertulisnya menyebut, urusan yang dimaksud dalam ayat di atas meliputi urusan takdir. Seperti, takdir rezeki, hidup, mati, untung, dan sebagainya.

Dalam artian, demi mendapat takdir yang diberi keberkahan selama setahun penuh, alangkah baiknya memanfaatkan malam Nuzulul Quran dengan berlomba-lomba mengerjakan amalan sholeh.

Apa yang Harus Dilakukan ketika Malam Nuzulul Quran?

1. Memperbanyak bacaan Al Quran

Dikutip dari laman Kemenag Maluku Utara, amalan yang bisa dilakukan pada malam Nuzulul Quran adalah memperbanyak bacaan Al Quran. Pasalnya, peringatan Nuzulul Quran perlu dijadikan sebagai momen untuk membudayakan kembali membaca Al Quran di mana saja.

Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai amalan membaca Al Quran di bulan Ramadan:

"Amalan puasa dan membaca Al Quran akan memberi syafaat bagi seorang hamba di hari kiamat. Puasa berkata: Wahai Rabb, aku telah menahannya dari makan dan syahwat di siang hari, maka izinkanlah aku memberi syafa'at kepadanya. Dan Al Quran berkata: Aku menahannya dari tidur di waktu malam, maka izinkanlah aku memberi syafa'at kepadanya, maka keduanya pun diizinkan memberi syafaat." (HR Ahmad)

2. Iktikaf

Apa yang harus dilakukan ketika malam Nuzulul Quran https://www.detik.com/tag/nuzulul-quran selanjutnya adalah melakukan iktikaf atau berdiam diri di masjid. Perintah iktikaf sendiri tertuang dalam Al Quran surat Al-Baqarah ayat 125,

وَإِذْ جَعَلْنَا الْبَيْتَ مَثَابَةً لِلنَّاسِ وَأَمْنًا وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى ۖ وَعَهِدْنَا إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ أَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْعَاكِفِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

Artinya: "Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumahKu untuk orang-orang yang thawaf, yang i'tikaf, yang ruku' dan yang sujud".

3. Memperbanyak doa

Memperbanyak doa saat malam Nuzulul Quran merupakan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikut bacaan doa yang dapat dilafalkan,

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Bacaan latin: Allahummagfir lii wa liwaalidayya arhamhumaa kamaa robbayaani shoghiiroo

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orangtuaku dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka menyayangiku semenjak kecil."

Atau, pilihan doa lain yang dapat dibaca adalah sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Bacaan latin: Allahumma innaka 'aufuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni

Artinya: "Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku."

Di samping itu, memperbanyak zikir dan salat malam seperti salat tahajud dan salat hajat juga merupakan amalan baik yang dapat dikerjakan pada malam Nuzulul Quran. Amalan di atas mulai dapat dikerjakan pada malam ini, Senin (18/4/2022) yang bertepatan dengan 17 Ramadan.

Sebagaimana disebut Imam Ibnu Katsir dalam kitab al-Bidayah wa an-Nihayah, peristiwa Nuzulul Quran terjadi pada 17 Ramadan 610 M di Gua Hira. Tepatnya, saat Rasulullah SAW berusia 40 tahun, 6 bulan, 8 hari menurut tahun Qamariyah.

Semoga pertanyaan detikers tentang, 'Apa yang harus dilakukan ketika malam Nuzulul Quran?' dapat terjawab, ya!



Simak Video "Viral Video Bapak Gendong Anak, Bahagia Putranya Hafal Al-Qur'an"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia