ADVERTISEMENT

Apa Itu Komposisi Penduduk? Ini Pengertian, Kategori, dan Karakteristiknya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Senin, 04 Jul 2022 07:00 WIB
Taman Margasatwa Ragunan dipadati pengunjung saat libur tahun baru 2022. Per pukul 10.00 WIB, pengunjung yang datang berjumlah 6.253 orang.
Apa itu komposisi penduduk? Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Tahukah kamu, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia? Karena itu, perlu proses pengelompokan secara sistematis di tengah penduduk, yang disebut juga komposisi penduduk.

Komposisi penduduk adalah proses mengklasifikasi dan membagi penduduk atas kelompok-kelompok tertentu di suatu daerah. Dalam studi ilmu geografi, komposisi penduduk diterapkan untuk menganalisis gambaran umum mengenai penduduk di suatu daerah berdasarkan sejumlah kategori.

Nah, daripada bingung mengenai komposisi penduduk, yuk cari tahu penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Komposisi Penduduk

Dalam buku Pengantar Ilmu Kependudukan yang ditulis Said Rusli, komposisi penduduk adalah proses penggambaran susunan penduduk berdasarkan pengelompokan atas karakteristik yang sama.

Secara teknis, proses komposisi penduduk dikelompokkan dalam konteks karakter dan kategori yang variatif dan multidimensi. Misalnya, komposisi penduduk dikaitkan dengan kategori menurut jenis kelamin, umur, taraf pendidikan, hingga lapangan kerja.

Artinya, komposisi penduduk adalah proses yang diimplementasikan guna menganalisis, mengetahui, dan mengelompokkan penduduk berdasarkan beberapa kategori tertentu. Fungsi komposisi penduduk adalah memudahkan pemerintah dalam mencatat, mengumpulkan, dan mengkurasi data kependudukan secara lebih detail dan komprehensif.

Kategori dalam Komposisi Penduduk

Beberapa kategori dalam konteks komposisi penduduk yaitu:

1. Komposisi Penduduk Menurut Umur dan Jenis Kelamin

Ini merupakan kategori yang umum dan sangat penting dalam konteks komposisi penduduk. Dalam cermin demografi, komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin berfungsi dalam pembahasan masalah kependudukan yang melibatkan aspek seperti umur dan jenis kelamin.

2. Komposisi Penduduk Menurut Status Perkawinan

Kemudian, ada komposisi penduduk menurut status perkawinan yang merujuk pada konteks-konteks khusus. Kategori ini mencakup aspek status perkawinan, usia produktif, tingkat umur saat melangsungkan perkawinan, dan lain-lain.

3. Komposisi Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan

Komposisi penduduk menurut tingkat pendidikan menjadi salah satu parameter dalam menilai kualitas sumber daya manusia di suatu daerah. Substansi kategori ini adalah "semakin tinggi tingkat pendidikan yang ditamatkan, semakin baik kualitas sumber daya manusia di wilayah tersebut."

4. Komposisi Penduduk Menurut Lapangan Pekerjaan

Terakhir, ada komposisi penduduk menurut lapangan pekerjaan yang irisannya terkait dengan kegiatan ekonomi. Umumnya, negara-negara miskin dan berkembang punya penduduk yang lebih banyak bekerja di bidang usaha pertanian. Sebaliknya, negara maju memiliki lebih banyak penduduk yang bekerja dalam bidang perdagangan, jasa, dan industri.

Karakteristik Komposisi Penduduk

Ada konsep menarik dalam ilmu geografi, yaitu piramida penduduk. Dalam buku Pengantar Studi Demografi karya Ida Bagus Mantra, diterangkan bahwa piramida penduduk adalah penggambaran dari komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin melalui medium grafik.

Nah, kira-kira bagaimana karakteristik dari komposisi penduduk?

  • Ekspansif, yaitu sebagian besar penduduk berada dalam kelompok umur muda. karakter penduduk ekspansif ini banyak ditemukan di negara-negara yang mempunyai angka kelahiran dan angka kematian rendah.
  • Konstruktif, yaitu penduduk yang berada dalam kelompok termuda dengan kuantitas yang sedikit. Karena itu, karakteristik konstruktif ini terdapat di negara-negara dengan tingkat kelahiran yang turun dengan cepat, dan tingkat kematian rendah.
  • Stasioner, yaitu jumlah penduduk dalam tiap kelompok umur hampir sama, kecuali ada kelompok umur tertentu. Tipe ini terdapat pada negara-negara yang mempunyai tingkat kelahiran dan tingkat kematian rendah.

Pada akhirnya, komposisi penduduk adalah proses yang secara fungsional mencakup analisis dan kategorisasi terhadap penduduk di suatu daerah.



Simak Video "Jokowi Usul Anggaran Rp 3.000 T Tahun 2023, Buat Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia