10 Masjid Karya Ridwan Kamil yang Artistik di Banyumas - Makassar

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Minggu, 26 Jun 2022 11:00 WIB
Masjid Al Safar
Masjid yang di desain oleh Ridwan Kamil. Foto: Dok. Jasa Marga
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah banyak mendesain berbagai bangunan mulai dari museum hingga masjid. Karya alumni Teknik Arsitektur ITB tersebut terkenal dengan desainnya yang unik dan juga artistik.

Bahkan, Ridwan Kamil menyumbangkan berbagai desain masjid dengan cuma-cuma alias gratis, salah satunya Masjid 99 Kubah Makassar. Mengutip dari detikNews, Gubernur Jawa Barat itu menolak dibayarkan upah dan hanya meminta namanya dicantumkan sebagai penyumbang ide.

Selain Masjid 99 Kubah Makassar, Ridwan Kamil juga menyumbangkan desainnya secara gratis kepada beberapa masjid. Apa saja? Berikut 10 masjid desain Ridwan Kamil yang dikutip dari unggahan Instagramnya.

1. Masjid Akbar Banyumas

Masjid Akbar Banyumas merupakan sebuah masjid hasil desain gratis Ridwan Kamil. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kabupaten Banyumas yang didesain oleh Gubernur Jawa Barat tersebut. Desainnya menyerupai bulan sabit dengan jumlah yang banyak.

Masjid Al Irsyad SatyaMasjid Al Irsyad Satya Foto: Kotabaruparahyangan.com

2. Masjid Al Irsyad Satya

Masjid desain Ridwan Kamil yang satu ini berlokasi di Padalarang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Masjid Al Irsyad Satya selesai dibangun pada tahun 2010 dan memiliki bentuk artistik kubus besar yang terinspirasi dari Kakbah.

Mengutip dari detikInet, masjid tersebut sempat meraih penghargaan sebagai "The Best 5 World Building of The Year 2011," untuk kategori Bangunan Religi, versi Archdaily & Green Leadership Award dari BCI Asia.

3. Masjid Agung Pangkalpinang

Selanjutnya, Ridwan Kamil juga pernah mendesain sebuah masjid di kota Pangkalpinang, Bangka Belitung. Desain arsitekturnya kali ini memberikan konsep Masjid Raya.

7 Masjid Rancangan Ridwan Kamil yang Artistik7 Masjid Rancangan Ridwan Kamil yang Artistik Foto: Istimewa

4. Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi

Desain masjid yang tak berkubah ini dirancang oleh Ridwan Kamil. Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi memiliki daya tampung sebanyak 1.500 orang dan tanpa jendela. Meskipun begitu, banyaknya lubang ventilasi membuat masjid ini sejuk.

5. Masjid Baiturrahman Merapi

Arsitektur masjid ini didesain oleh Ridwan Kamil. Terletak di Jawa Tengah, Masjid Baiturrahman merapi merupakan proyek CSR yang memiliki desain unik dan tidak berkubah seperti kebanyakan masjid di Indonesia. Bahkan, material yang digunakan untuk pembangunan masjid tersebut berasal dari batu bata abu vulkanik gunung merapi.

6. Masjid Jami' Darussalam

Masjid Jami' Darussalam memiliki bentuk segitiga yang unik. Dibangun tanpa kubah, bentuk masjid ini seperti atap rumah yang berbeda dari kebanyakan masjid pada umumnya.

Bangunan Masjid Asmaul Husna berdiri megah di Jalan Raya Kelapa Dua, kawasan Gading Serpong, Tangerang. Bangunan ini bertuliskan nama-nama Allah dengan huruf kufi.Bangunan Masjid Asmaul Husna berdiri megah di Jalan Raya Kelapa Dua, kawasan Gading Serpong, Tangerang. Bangunan ini bertuliskan nama-nama Allah dengan huruf kufi. Foto: Grandyos Zafna

7. Masjid Raya Asmaul Husna

Desain masjid rancangan Ridwan Kamil selanjutnya yaitu Masjid Raya Asmaul Husna. Terletak di Serpong, Tangerang, masjid ini terlihat mencolok dari luar dengan warnanya yang hijau. Dinding masjid tersebut dihiasi ornamen kaligrafi 99 nama Allah.

Kubahnya berbentuk lengkungan tipis dan di bagian menaranya berbentuk bambu runcing dengan hiasan bintang serta bulan sabit di atasnya.

8. Masjid Terapung Al Jabbar

Masjid terapung Al Jabbar terletak di kawasan Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Bangunan masjid tersebut dikelilingi danau yang mengitari seluruh area masjid dengan luas 21 hektare.

9. Masjid Al Safar

Masjid Al Safar desain Ridwan Kamil terletak di kawasan Rest Area Tol Cipularang KM 88. Masjid ini masuk dalam nominasi arsitektur terbaik dari Abdullatif Al Fozan award 2019 dari Arab Saudi.

Desain Masjid Al Mumtadz, masjid yang disiapkan Ridwan Kamil sebagai tempat peristirahatan putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtad (Eril)Desain Masjid Al Mumtadz, masjid yang disiapkan Ridwan Kamil sebagai tempat peristirahatan putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtad (Eril) Foto: Desain Masjid Al Mumtadz, masjid yang disiapkan Ridwan Kamil sebagai tempat peristirahatan putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtad (Eril). (Foto: tangkapan layar video/Instaggram @ridwankamil)

10. Masjid Al Mumtadz

Hasil desain Ridwan Kamil selanjutnya yaitu masjid Al Mumtadz. Masjid ini adalah proyek yang dirancang berdekatan dengan makam putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz. Nama Al Mumtadz sendiri diambil dari nama belakang putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz. Dalam bahasa Arab, Mumtadz juga memiliki arti terbaik.

Itulah 10 masjid hasil desain Ridwan Kamil yang disumbangkan secara gratis. Tertarik berkunjung, detikers?



Simak Video "Ridwan Kamil Soal Peluang Capres 2024: Kalau Ada Takdirnya Bismillah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia