4 Fungsi Hidung Lengkap, Bukan Cuma Sebagai Alat Pernapasan

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Kamis, 30 Jun 2022 08:00 WIB
ilustrasi hidung
Ilustrasi. Apa saja fungsi hidung bagi manusia? (Thinkstock)
Jakarta -

Manusia dikaruniai oleh Tuhan untuk memiliki hidung sebagai bagian yang penting pada wajah. Tetapi, apakah kamu tahu apa fungsi hidung? Sederhananya, fungsi hidung adalah untuk mengidentifikasi seseorang dan organ untuk pernapasan serta penghidu.

Penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana oleh Luh Witari Indrayani dan I Ketut Suanda menyatakan, bagian-bagian hidung tersusun dari pangkal hidung, dorsum nasi, puncak hidung, alar nasi, kolumela, dan lubang hidung atau nares anterior. Hidung bagian luar dibentuk oleh kerangka tulang dan tulang rawan yang dilapisi kulit, jaringan ikat, dan beberapa otot kecil.

Hal itu difungsikan untuk mengatur hidung dalam melebarkan atau menyempitkan lubang hidung. Di samping itu, ada sejumlah fungsi hidung lainnya yang menjadi bagian fundamental untuk manusia.

4 Fungsi Hidung bagi Manusia

Nah, menurut penelitian dari Freeman dan Kahwaji yang berjudul Correlation Between Allergy Rhinitis with Chronic ada beberapa fungsi hidung. Berikut penjelasannya:

1. Fungsi Respirasi

Pada fungsi respirasi, hidung memiliki fungsi yang cukup fundamental yang di antaranya yakni, untuk mengatur kondisi udara (air conditioning), penyaring udara, dan humidifikasi. Di lain sisi, hidung juga berfungsi sebagai penyeimbang dalam pertukaran tekanan dan juga mekanisme imunologik lokal.

2. Fungsi Penghidu

Selanjutnya, hidung memiliki fungsi penghidu. Hal ini kaitannya hidung yang berfungsi sebagai organ tubuh yang mengidentifikasi sumber yang berbahaya atau nutrisi yang dapat mempengaruhi mood dan seksualitas.

Selain itu, hidung yang memiliki mukosa olfaktorius (penciuman) dan reservoir udara untuk menampung stimulus penghidu.

3. Fungsi Fonetik

Berikutnya, hidung memiliki fungsi fonetik yang artinya hidung berguna untuk resonansi suara dan juga membantu dalam proses berbicara. Selain itu, hidung juga berfungsi untuk memitigasi dan mencegah adanya hantaran suara sendiri melalui konduksi tulang.

4. Fungsi Statistik dan Mekanik

Terakhir, ada hidung yang memiliki fungsi statistik dan mekanik. Dalam implementasinya, hidung ini berfungsi dalam meringankan beban pada kepala. Tidak hanya itu, hidung juga dapat memproteksi trauma dan juga pelindung dari panas.

Nah, bagaimana detikers apakah sudah paham mengenai fungsi hidung? Jika sudah, yuk rawat hidung kamu agar tidak mengalami penyakit.



Simak Video "Zelenskiy Bantah Tuduhan Rusia tentang Program Senjata Biologi"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia