ADVERTISEMENT

6 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan, Kamu Punya?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 29 Jun 2022 14:15 WIB
Ilustrasi tidur siang
Foto: iStock/fizkes/6 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan, Kamu Punya?
Jakarta -

Setiap orang memiliki kekhawatiran tersendiri seiring bertambahnya usia. Salah satunya saat kecerdasan yang dimiliki mulai menurun. Padahal menjadi cerdas di usia yang semakin tua tetap bisa dilakukan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa kebiasaan sederhana yang tetap bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan. Kebiasaan ini bisa dilakukan meski ada di usia yang semakin tua.

Berikut ini kebiasaan sederhana untuk meningkatkan kecerdasan dikutip dari laman CNN Indonesia dan Harvard Medical School.

6 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan:

1. Terus Belajar

Para ahli berpikir bahwa belajar dapat membantu menjaga ingatan tetap kuat dengan membiasakan seseorang untuk aktif secara mental.

Hal ini akan menantang otak dengan latihan mental agar bisa mengaktifkan proses yang membantu menjaga sel-sel otak individu dan merangsang komunikasi.

Misal mengerjakan hobi, mempelajari keterampilan baru, hingga menjadi sukarelawan atau mentoring.

2. Gunakan Internet dengan Lebih Bijak

Mengutip laman The Muse, media sosial memang menawarkan banyak hal mulai dari ilmu pengetahuan hingga informasi lain. Tapi seiring bertambahnya usia, cobalah untuk mengatur penggunaan internet dan menggunakannya dengan lebih bijak.

3. Percaya Diri

Penuaan sering dikaitkan dengan kegagalan memori atau ingatan yang semakin lemah. Beberapa orang percaya jika kita yakin bisa meningkatkan ketajaman otak dan bisa menerjemahkan keyakinan itu ke dalam praktik, maka bisa memiliki peluang lebih baik untuk menjaga pikiran tetap tajam.

4. Banyak Membaca

Membaca bisa melatih otak untuk mengingat dan menyerap setiap hal. Kebiasaan ini bisa dilakukan hingga tua untuk terus melatih atau meningkatkan kecerdasan.

5. Mengingat Hal-hal Terbaik dalam Hidup

Pada tahun 2014, sebuah studi yang diterbitkan di Iran Journal of Psychiatry and Behavioral Sciences menemukan bahwa mengenang hal-hal terbaik dalam hidup, bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif orang lanjut usia, termasuk memori.

6. Tidur Siang

Dilansir dari Bestlifeonline, penelitian 2018 lalu yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menemukan manfaat kognitif seperti peningkatan memori dan penalaran pada orang dewasa yang lebih tua dan tidur siang.

Nah, itulah 6 kebiasaan sederhana yang bisa meningkatkan kecerdasan hingga usia tua. Yuk lakukan mulai sekarang detikers!



Simak Video "Semua Anak Berhak Cerdas"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia