Tentang Raudhah dan Skema Masuk Terbaru untuk Jemaah Haji 2022

Nada Zeitalini Arani - detikEdu
Rabu, 29 Jun 2022 10:00 WIB
Masjid Nabawi jadi salah satu masjid bersejarah bagi lahir dan berkembangnya agama Islam. Di masjid tersebut terdapat makam Rasulullah beserta para sahabat.
Raudhah. Foto: Antara Foto/Aji Styawan
Jakarta -

Raudhah adalah area di dalam Masjid Nabawi yang terletak di antara rumah Rasulullah SAW dan mimbar yang digunakannya untuk berdakwah. Di sana kini juga terdapat makam Rasulullah SAW.

Melansir dari buku "UMRAH: Panduan Ibadah Umrah Praktis Lahir Batin" karya Ahmad Alawiy, dkk menyebutkan bahwa Raudhah disebut juga dengan "taman surga". Rasulullah SAW bersabda, "Di antara rumahku dan mimbarku terdapat Raudhah (taman) di antara taman-taman surga."

Masjid Nabawi merupakan masjid kedua yang dibangun Rasulullah SAW setelah hijrah ke Madinah. Mengutip buku Doa-doa Khusus Ibadah Haji oleh Amirulloh Syarbini, jemaah haji dan umrah disunnahkan untuk memperbanyak salat di Masjid Nabawi.


Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits:


"Sholat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih utama 1.000 kali dibandingkan sholat di masjid yang lainnya, kecuali di Masjidil Haram. Sholat di Masjidil Haram lebih utama 100.000 kali lipat daripada masjid lainnya." (HR. Ahmad, Ibnu Khuzaimah, dan Hakim).


Melihat berbagai keistimewaan Raudhah maka tak jarang para jemaah berlama-lama di tempat ini untuk memanjatkan doa. Adapun, bagi jemaah haji dan umrah juga memiliki buku panduan khusus untuk berdoa saat memasuki Raudhah.


Akan tetapi, pada tahun 2022 ini ada skema baru untuk bisa memasuki Raudhah. para jemaah yang kini sudah berada di Tanah Suci untuk menjalani ibadah haji sudah tahukah?


Dilansir dari laman resmi https://kemenag.go.id ada beberapa penyesuaian skema masuk Raudhah berdasarkan sistem E-hajj sebagai berikut.


Bimbingan Ibadah Daerah Kerja (Bimbad Daker) Madinah akan menginput daftar kloter dan nama jemaah dalam sistem E-hajj pada menu Tasreh (izin) Raudhah sesuai kedatangan di Madinah yang kemudian dicetak dalam bentuk Pdf.

Tasreh disampaikan kepada sektor dalam bentuk Pdf dan disampaikan ke kloter dalam bentuk cetak kertas.

Aturan masuk Raudhah bagi jemaah perempuan diminta menunggu di pintu 24 dan jemaah laki-laki menunggu di pintu 37 satu jam sebelum jadwal Tasreh.

Jemaah laki-laki diantar ketua kloter, TPHI, TPIHI lalu bersama tim petugas seksus. Sedangkan jemaah perempuan akan diantar tim seksus perempuan.


Itulah skema baru masuk Raudhah 2022 bagi jemaah yang menjalani ibadah haji dan umrah. Semoga bermanfaat bagi para jemaah dan calon jemaah.



Simak Video "Tak Hanya Beribadah, Kota Madinah Juga Merupakan Surga Belanja Bagi Para Jemaah Haji"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia