Contoh Hewan Vivipar dan Jenis-Jenisnya, Dari Mamalia sampai Marsupialia

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 11 Mei 2021 08:00 WIB
Andilan, Tradisi Potong Kerbau Jelang Lebaran yang Mulai Punah
Foto: iStock
Jakarta - Hewan adalah hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Pembuahan hewan vivipar terjadi di rahim induk betina. Ovum yang telah dibuahi sperma disebut zigot.

Zigot lalu tumbuh dan berkembang di dalam rahim hewan vivipar dan disebut embrio. Nah, masa tumbuh dan berkembangnya embrio ini disebut masa kehamilan, seperti dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam oleh Yanti Herlianti dkk.

Ciri-ciri hewan vivipar adalah adanya masa kehamilan, yakni janin tumbuh di dalam rahim induk betina. Biasanya, hewan-hewan yang melahirkan adalah mamalia. Tetapi, ada juga hewan mamalia yang bukan hewan vivipar.

Berikut di antaranya yang termasuk kelompok hewan vivipar:

1. Mamalia

Hewan mamalia adalah hewan vertebrata yang punya ciri-ciri memiliki kelenjar susu pada betina untuk menyusui anak, memiliki rambut, dan tubuh endoterm atau berdarah panas.

Contoh hewan vivipar dari jenis mamalia yaitu kambing, kuda, sapi, kerbau, kelinci, gajah, kucing, dan singa.

Tetapi ada juga mamalia yang berkembang biak sebagai hewan ovipar atau bertelur. Contoh hewan ovipar dari jenis mamalia adalah platypus dan echidna. Mamalia yang bertelur disebut monotremata.

2. Marsupialia

Hewan marsupialia adalah kelompok hewan mamalia yang betinanya memiliki marsupium atau kantung perut. Karena itu hewan marsupialia juga disebut hewan mamalia berkantung. Bayi marsupial lahir secara prematur dan kecil, lalu berkembang di kantung perut induknya.

Contoh hewan vivipar dari kelompok mamalia berkantung adalah kangguru, koala, dan wombat.

Selain vivipar ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar, apa saja?

Ovipar

Ovipar merupakan reproduksi yang mengakibatkan telur yang dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan sang induk. Beberapa hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar adalah burung, ikan, serangga, kodok atau hewan amfibi lainnya.

Ovovivipar

Menurut KBBI, reproduksi yang dihasilkan dengan cara mengembangkan telur di dalam badan induknya, tetapi embrio tidak mendapat makanan dari induknya disebut ovovivipar.

Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan disebut dengan ovovivipar. Contoh hewan yang bereproduksi dengan cara ini adalah hiu, reptil, kadal dan cucut pasir.


Itu dia contoh hewan vivipar ovipar dan ovovivipar, detikers.



Simak Video "Seekor Lumba-lumba Terdampar di Pantai Jembrana Diselamatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia