Permainan Bola Besar: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Selasa, 28 Jun 2022 15:30 WIB
Ilustrasi Bola, Ilustrasi sepak pojok
Ilustrasi sepak bola, salah satu jenis permainan bola besar. (iStock/mikkelwilliam)
Jakarta -

Siapa nih yang hobinya bermain sepak bola atau bermain bola basket? Jika iya, maka kamu secara tidak langsung melakukan permainan bola besar. Permainan bola besar adalah variasi dari olahraga yang menggunakan bola dengan ukuran besar.

Syarat utama dari permainan bola besar terletak pada ukuran diameter dari bola yang harus minimal berukuran 50 cm. Untuk saat ini, permainan bola besar ini menjadi jenis olahraga yang sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat

Pengertian Permainan Bola Besar

Dalam buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMP (2010), permainan bola besar adalah cabang dari olahraga yang dilakukan lebih dari satu orang dengan memanfaatkan bola besar sebagai alat permainannya.

Saat ini, permainan bola besar menjadi variasi olahraga favorit bagi sebagian besar masyarakat dunia. Sebab, akses masyarakat untuk bermain olahraga ini juga relatif mudah dan murah.

Bahkan saat ini, dalam mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) untuk siswa SD hingga SMA juga diajarkan berbagai materi teknis mengenai permainan olahraga besar. Tujuan dari mata pelajaran PJOK adalah untuk memanfaatkan aktivitas fisik untuk melahirkan individu yang berkualitas dari segi fisik, mental, dan emosional.

Manfaat Permainan Bola Besar

Menurut Indra Darma Sitepu dalam artikel ilmiahnya yang berjudul Manfaat Permainan Bola Basket untuk Anak Usia Dini, ada beberapa manfaat olahraga permainan bola besar. Beberapa manfaat tersebut di antaranya yakni:

  • Menyehatkan dan menyegarkan badan
  • Melatih daya pacu jantung
  • Melancarkan peredaran tubuh
  • Mempercepat pertumbuhan tubuh
  • Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
  • Membakar kalori
  • Membangun serta melatih koordinasi tubuh
  • Melatih ketangkasan
  • Menambah daya imunitas tubuh
  • Meningkatkan konsentrasi belajar dan bekerja

Jenis Permainan Bola Besar

Umumnya, ada tiga jenis permainan bola besar yang diajarkan di sekolah. Berikut adalah penjelasannya:

1. Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan secara beregu atau berkelompok. Tiap-tiap regu terdiri atas 11 pemain. Tujuan utama dari permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan.

Dalam permainan sepak bola diperlukan teknik permainan yang tinggi dengan kontrol bola yang prima, kerja sama yang terjalin rapi, serta semangat yang tinggi dari pemain.

2. Bola Voli

Bola voli merupakan suatu permainan yang dimainkan secara beregu. Tiap-tiap regu terdiri dari 6 pemain.

Bentuk permainan bola voli adalah memainkan bola dengan cara dipantulkan dengan 1 atau 2 tangan secara bersama-sama untuk mencegah bola jatuh di daerah sendiri. Beberapa teknik dasar yang dipelajari dalam permainan bola voli adalah servis, passing, smash, dan block.

3. Bola Basket

Jenis permainan bola besar yang terakhir adalah bola basket. Permainan bola basket merupakan suatu permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari lima orang. Teknik dasar permainan bola basket adalah melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola.



Simak Video "Ramainya Tebet Eco Park di Minggu Pagi"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia