ADVERTISEMENT

Kisah Seorang Pria Jadi Penduduk Surga Meski Ibadahnya Tak Istimewa

Kristina - detikEdu
Selasa, 28 Jun 2022 05:00 WIB
An Arab standing at the sand dunes of Dubai and aiming towards the horizon.
Ilustrasi laki-laki penduduk surga. Foto: Getty Images/GCShutter
Jakarta -

Ada suatu kisah tentang laki-laki yang disebut Rasulullah SAW sebagai penduduk surga. Laki-laki tersebut membuat penasaran para sahabat karena ia tidak melakukan ibadah khusus dalam siang ataupun malamnya, ia hanya mengerjakan ibadah seperti orang pada umumnya.

Diceritakan dalam buku Kisah-kisah Inspiratif Sahabat Nabi karya Muhammad Nasrulloh, pada suatu hari, Rasulullah SAW sedang duduk bersama sahabatnya. Beliau kemudian mengatakan, "Sebentar lagi akan datang lelaki dari golongan ahli surga."

Tak lama kemudian, datanglah seorang laki-laki dari sahabat Anshar yang janggutnya basah karena bilasan wudhu seraya menenteng kedua sandalnya dengan tangan kiri. Keesokan harinya, Nabi SAW mengucapkan hal yang sama kepada sahabatnya, lalu datanglah orang yang sama.

Pada hari ketiga, Nabi juga mengucapkan hal serupa dan orang yang dimaksud pun datang lagi. Hal ini membuat Abdullah bin 'Amr bertanya-tanya, apa gerangan yang membuat laki-laki tersebut sampai-sampai Rasulullah SAW menyebut tiga kali sebagai penduduk surga.

Abdullah bin 'Amr kemudian bertekad untuk menguak apa keistimewaan dari laki-laki yang disebut-sebut sebagai penduduk surga ini. Ia kemudian membuntuti laki-laki Anshar itu hingga ke rumahnya.

Begitu sampai di rumah, Abdullah bin 'Amr minta izin agar diperkenankan menginap selama tiga hari di rumah laki-laki tersebut. Selama bermalam di sana, Abdullah bin 'Amr mengamati setiap gerak-gerik penduduk surga ini.

Namun, yang didapati malah ia semakin heran. Sebab, selama tiga hari itu dia tidak melihat amalan khusus yang diperbuat laki-laki di siang ataupun malamnya. Laki-laki itu tak ubahnya seperti manusia lainnya. Bahkan, ibadahnya terbilang sedikit.

Laki-laki Anshar tersebut tidak menjalankan puasa sunnah pada siang harinya dan tidak mendirikan sholat sunnah di tengah malam. Akhirnya, Abdullah bin 'Amr mengutarakan maksud kedatangannya yang sebenarnya sembari menanyakan apa amalan yang tidak orang ketahui tentangnya.

"Sebenarnya selama tiga hari ini aku berusaha mencari tahu apa keistimewaanmu. Hal itu dikarenakan Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa engkau adalah penduduk surga. Aku ingin tahu apa keistimewaan amalmu sehingga aku bisa meniru dan mengikutinya."

Laki-laki Anshar itu menjawab, "Aku tidak punya ibadah khusus kecuali sebagaimana apa yang telah engkau lihat."

Mendengar jawaban tersebut, Abdullah bin 'Amr kemudian memutuskan untuk pamit pulang. Tatkala ia hendak pergi, laki-laki itu tiba-tiba berkata, "Namun aku tidak pernah terbesit menipu salah seorang pun dari orang-orang muslim dan aku tidak memiliki rasa dengki atas nikmat orang lain yang diberikan oleh Allah SWT."

Mendengar hal itu, Abdullah bin 'Amr seolah menemukan jawaban yang ia cari selama tiga hari ini. Ia pun mengatakan, "Hal inilah yang membuatmu mendapat kedudukan mulia."

Kisah tentang laki-laki penduduk surga ini terdapat dalam hadits riwayat Imam Ahmad.



Simak Video "Ikhtiar dan Tawakal, Paket Lengkap untuk Dapat Pertolongan Allah"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia