ADVERTISEMENT

Fenomena Planet Sejajar Masih Bisa Dilihat Sampai Kapan Ya?

Nikita Rosa Damayanti Waluyo - detikEdu
Minggu, 26 Jun 2022 19:00 WIB
Fenomena planet sejajar
Fenomena planet sejajar, ternyata masih bisa disaksikan hingga akhir Juni 2022. (BBC)
Jakarta -

Bagi detikers yang sempat terlewat menyaksikan fenomena planet sejajar pada 24 Juni 2022 kemarin, tidak perlu khawatir. Faktanya, fenomena unik ini masih bisa disaksikan pada hari-hari setelahnya.

Planet Sejajar Bisa Disaksikan Sampai Kapan?

Menurut keterangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), fenomena planet sejajar masih bisa disaksikan hingga akhir Juni 2022. Peneliti di Pusat Sains Antariksa LAPAN Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang pun menjelaskan secara rinci jadwal fenomena konfigurasi planet-planet yang sejajar ini.

Mulanya, lima planet sejajar atau konjungsi kuintet yang terdiri dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus sudah dapat disaksikan sejak tanggal 4 Juni 2022 kemarin. Namun, jarak antara Venus dan Mars masih berjauhan saat itu.

"Konjungsi kuintet ini akan berakhir pada 19 Juni, sehingga ada 15 hari pengamatan yang dapat disaksikan di arah timur," terangnya, seperti dikutip dari laman LAPAN, Minggu (26/6/2022).

Fenomena planet sejajar kemudian dilanjutkan dengan formasi yang berbeda, tepatnya konjungsi sektet atau enam benda langit. Ada enam planet yang akan terlihat sejajar pada 20 Juni hingga besok, Senin 27 Juni 2022.

"Ada 8 hari (pengamatan fenomena langka), itu konjungsi sektet atau parade langit. Ada 6 benda langit di sini, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan," kata Andi.

Namun, Andi menambahkan, sebetulnya Uranus juga termasuk dalam jajaran planet dalam periode tersebut. Sehingga, fenomena planet sejajar pada saat itu juga dapat disebut dengan konjungsi septet atau tujuh planet sejajar.

Meski demikian, cahaya Uranus lebih redup dibandingkan planet lain. Jadi, jika ingin melihat Uranus secara langsung, diperlukan alat bantu teleskop dengan lensa minimal 10 cm.

"Karena kecerlangan Uranus hanya mencapai +5,9, nah ini kalau kondisi langit yang cukup redup tanpa polusi cahaya sebenarnya dapat kelihatan. Di wilayah perkotaan, batas kecerlangan +4,7 butuh alat bantu teleskop, teleskopnya kecil, berukuran 10 cm," tuturnya.

Tidak sampai di situ, fenomena planet sejajar juga masih berlanjut hingga 28-30 Juni mendatang. Pada saat itu, kata Andi, konfigurasi planet kembali menjadi formasi sebelumnya yakni konjungsi kuintet atau lima planet yang sejajar yakni, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Menurut Andi, waktu terbaik untuk melihat planet sejajar di atas adalah pada waktu subuh atau 72 menit sebelum matahari terbit hingga 24 menit sebelum matahari terbit.

Kapan Fenomena Planet Sejajar Bakal Ada Lagi?

Setiap planet memiliki waktu rotasi yang berbeda-beda. Dikutip dari laman Southwestern University, Merkurius mengelilingi matahari setiap 88 hari Bumi, Venus setiap 225 hari, Mars setiap 687 hari, Jupiter setiap 12 tahun, dan Saturnus setiap 29 tahun.

Berkat waktu rotasi planet yang berbeda-beda, fenomena planet sejajar baru bisa kita saksikan lagi pada tahun 2041. Fenomena planet sejajar ini adalah fenomena langka yang hanya bisa disaksikan setiap 18 sampai 19 tahun sekali. Apa kamu berhasil mengabadikan fenomena ini, detikers?



Simak Video "Fakta Menarik Fenomena Planet Sejajar Juni 2022 "
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia