ADVERTISEMENT

6 Planet Sejajar Pagi Ini Jumat (24/6/2022), Bagaimana Prosesnya?

Nikita Rosa Damayati Waluyo - detikEdu
Jumat, 24 Jun 2022 16:00 WIB
planets of the Solar System view from space,  texture maps courtesy of NASA (www.nasa.gov)
Ilustrasi planet sejajar yang bisa disaksikan pagi ini, Jumat (24/6/2022). Foto: Getty Images/iStockphoto/mkarco
Jakarta -

Fenomena enam planet sejajar terjadi di langit Indonesia dan dunia. Peristiwa langka yang terjadi sebelum matahari terbit ini sangat layak disaksikan meski harus bangun sangat pagi.

Enam planet yang berada dalam kondisi segaris adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Uranus. Ditambah bulan, ada 7 benda langit sejajar dalam peristiwa 18-19 tahun sekali ini.

Bagaimana Proses Terjadinya Planet Sejajar?

Beruntunglah kamu yang hari ini bangun pagi, karena lima planet ini hanya bisa dilihat di waktu subuh atau 72 menit sebelum matahari terbit. Begini urutan lima planet sejajar.

1. Saturnus

Saturnus akan menjadi planet pertama yang muncul, naik di atas cakrawala tepat sebelum tengah malam. Cincin Saturnus berperan penting pada kecerahannya.

2. Jupiter

Jupiter akan terbit berikutnya sekitar pukul 01:07. Planet ini akan bersinar dua kali lebih terang daripada Sirius, bintang terterang di langit.

3. Mars

Selanjutnya, Mars akan terbit sekitar pukul 01:37. Planet ini akan mudah dikenali dengan rona kuning jingga yang khas.

4.Venus

Venus akan menjadi planet kedua dari belakang yang terbit pada pukul 3:03 pagi. Planet inni menjadi anggota paling terang dari jajaran tersebut.

5. Merkurius

Merkurius adalah planet kelima yang mulai mengintip di atas cakrawala mulai pukul 3:39 pagi. Planet ini berada di dekat cakrawala sampai matahari terbit pada pukul 4:43 pagi.

6. Uranus

Peneliti di Pusat Sains Antariksa LAPAN, yang kini menjadi BRIN, Andi Pangerang menjelaskan Uranus mungkin tak terlihat dalam barisan planet sejajar. Untuk melihat planet ini perlu teleskop dengan ukuran lensa minimal 10 cm.



Simak Video "Fakta Menarik Fenomena Planet Sejajar Juni 2022 "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia