Bedah Kalimat Efektif: Pengertian, Syarat, Ciri-ciri, dan Contohnya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Sabtu, 25 Jun 2022 14:00 WIB
ilustrasi anak belajar
Ilustrasi belajar (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Ketika kamu ingin mengungkapkan pendapat secara komprehensif kepada orang lain, maka gunakanlah kalimat efektif.

Apa itu kalimat efektif? Kalimat efektif adalah kalimat yang disampaikan secara substansial mengenai suatu ide dan gagasan kepada orang lain.

Nah, jika kamu sering mengungkapkan gagasan kepada orang lain tetapi tidak dapat ditangkap dengan jelas, mungkin masalahnya terletak pada kalimat yang kamu gunakan.

Pada saat itu, kamu mungkin menggunakan kalimat tidak efektif.

Pengertian Kalimat Efektif

Menurut Prima Gusti Yanti dalam buku Bahasa Indonesia: Konsep Dasar dan Penerapan menjelaskan bahwa kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar atau pembaca sama dengan pikiran penulis atau pembicara.

Dalam penggunaannya, kalimat efektif memiliki beberapa ciri khas, yaitu struktur, paralel bentuk, ketegasan makna, kehematan kata, kecermatan penalaran, dan kelogisan biaya. Kalimat efektif yang memenuhi kaidah ini akan mudah dipahami oleh pendengar.

Kalimat efektif dapat merepresentaskan ide, pikiran, dan gagasan dari seseorang untuk nantinya disampaikan oleh pendengar. Kemudian, kalimat efektif memiliki poin untuk menimbulkan gagasan atau pikiran pada pendengar.

Syarat Kalimat Efektif

Pada buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia yang ditulis oleh Suyanto, ada beberapa syarat dalam kalimat efektif. Diantaranya:

· Kesatuan, yaitu terdapatnya satu ide pokok dalam kalimat

· Koherensi, yaitu terjadinya hubungan yang padu antara unsur-unsur pembentuk kalimat

· Keparalelan, yaitu terdapatnya unsur-unsur yang sama derajatnya, sama pola atau susunan kata dan frasa yang dipakai di dalam kalimat

· Ketepatan, kesesuaian atau kecocokan pemakaian unsur-unsur yang membangun suatu kalimat sehingga terbentuk pengertian yang bulat dan pasti

· Kehematan, yaitu upaya menghindari pemakaian kata yang tidak perlu

· Kelogisan, yaitu arti kalimat yang logis atau masuk akal

Ciri-ciri Kalimat Efektif

Dalam Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia dan seputar Kebahasa-Indonesiaan, ada tujuh ciri-ciri dalam kalimat efektif, yaitu:

  • Minimal memiliki unsur subjek dan predikat
  • Menggunakan Ejaan yang Disempurnakan
  • Menggunakan pemilihan kata yang tepat
  • Mengandung kesepadanan antara struktur bahasa dan jalan pikiran yang logis dan sistematis.
  • Mengandung kesejajaran bentuk bahasa yang dipakai
  • Penekanan ide pokok
  • Menggunakan kata secara hemat

Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Contoh 1

Kalimat tidak efektif

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada PT Grand Shoe Industry yang berdiri pada tanggal 23 Maret 1975 oleh Bpk. Suwarno Martodiharjo yang berlokasi di Jalan Sosial No. 4, Jakarta Barat.

Kalimat efektif

Berdasarkan penelitian, PT Grand Shoe Industry didirikan oleh Bapak Suwarno Martodiharjo pada tanggal 23 Maret 1975 dan berlokasi di Jalan Sosial No. 4, Jakarta Barat.

Contoh 2

Kalimat tidak efektif

Guru diberhentikan tidak dengan hormat dari jabatan sebagai guru karena terus menerus melalaikan kewajiban dalam menjalankan tugas pekerjaan selama satu bulan atau lebih.

Kalimat efektif

Guru diberhentikan tidak dengan hormat dari jabatan sebagai guru karena melalaikan kewajiban secara terus menerus dalam menjalankan tugas pekerjaan selama satu bulan atau lebih.

Contoh 3

Kalimat tidak efektif

Berdasarkan analisis kapasitas produksi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa dalam menjalankan promosi memiliki pengaruh terhadap penjualan.

Kalimat efektif

Berdasarkan analisis kapasitas produksi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa promosi memiliki pengaruh terhadap penjualan.

Contoh 4

Kalimat tidak efektif

Berdasarkan penjelasan sebagaimana tersebut di atas, penelitian ini ingin mengungkapkan beberapa temuan-temuan sebagai berikut.

Kalimat efektif

Berdasarkan penjelasan di atas, penelitian ini ingin mengungkapkan beberapa temuan berikut.

Contoh 5

Kalimat tidak efektif

Buku itu dibuat oleh Badan Bahasa dan Gramedia yang menerbitkannya.

Kalimat efektif

Buku itu dibuat oleh Badan Bahasa dan diterbitkan oleh Gramedia.



Simak Video "Apple Bakal Bikin Siri Berbahasa Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia