ADVERTISEMENT

Pengertian Institusi dan Perannya dalam Pendidikan, Simak Penjelasannya Yuk!

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Sabtu, 25 Jun 2022 09:30 WIB
Sejumlah Mahasiswa Indonesia Lulus dari Perguruan Tinggi Australia Meski Belum Menginjakkan Kaki di Australia
Pengertian institusi. Foto: ABC Australia
Jakarta -

Dilansir dalam jurnal berjudul "Pengawasan (Controling) dalam Institusi Pendidikan oleh Iin Meriza, institusi adalah suatu yang dilembagakan oleh undang-undang, adat dan kebiasaan.

Institusi pendidikan dapat digambarkan dalam banyak jenis. Misalnya lembaga yang bisa berupa taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah, pondok pesantren, madrasah, dan perguruan tinggi. Baik yang dikelola oleh negara (negeri) maupun yang diinisiasi oleh masyarakat (swasta).

Merujuk pada penjelasan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), institusi dapat berarti lembaga ; pranata atau sesuatu yang dilembagakan oleh undang-undang, adat atau kebiasaan. Institusi juga dapat berarti gedung tempat diselenggarakannya kegiatan perkumpulan atau organisasi.

Pendidikan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap individu. Dan institusi https://www.detik.com/tag/institusi pendidikan bertanggung jawab atas proses pendidikan tersebut.

Dalam konteks ini, maka sekolah bisa menjadi salah satu media dan tempat di mana peserta didik membangun perilaku, kebiasaan, dan nilai-nilai yang diajarkan. Tujuannya agar mereka dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam UU RI no. 20 tahun 2003 pasal 3 dijelaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Institusi pendidikan merupakan bentuk pendidikan formal dengan strategi yang efisien dan efektif untuk mengajarkan peserta didik.

Sosialisasi

Untuk menejemahkan amanat UU di atas dalam kegiatan pendidikan sehari-hari, maka institusi https://www.detik.com/tag/institusi pendidikan juga berperan untuk melatih peserta didik agar mampu bersosialisasi.

Lebih-lebih, tidak semua orang mampu untuk bersosialisasi dengan baik. Dengan begitu, pendidikan mengenai sosialisasi juga diterapkan di sekolah. Hal ini diharapkan agar peserta didik dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, baik secara formal maupun non-formal.

Nilai-nilai sosialisasi yang ditanamkan pada diri peserta didik agar mereka tidak hanya menerima pengetahuan, tetapi juga berinteraksi dan saling bertukar pengetahuan dan juga pendapat.

Dengan kemampuan bersosialisasi, peserta didik akan berani untuk berbaur dan berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya.



Simak Video "Imbas Sistem Zonasi, SDN di Solo Cuma Dapat 1 Murid"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia