Pengertian Geostrategi Indonesia dan Ketahanan Nasional

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Rabu, 22 Jun 2022 12:30 WIB
latihan TNI AU
Geostrategi Indonesia dan Ketahanan Nasional. Foto: Adhar Muttaqien
Jakarta -

Geostrategi dan ketahanan nasional saling berkaitan. Pengertian geostrategi berasal dari kata "Geo" yang berarti bumi dan "Strategi" yang artinya cara atau siasat. Kata strategi sendiri ditujukan sebagai usaha yang menggunakan segala kemampuan atau sumber daya, baik itu Sumber Daya Manusia (SDM) ataupun Sumber Daya Alam (SDA).

Dalam kehidupan bernegara, makna geostrategi berarti metode dan aturan-aturan untuk mewujudkan cita-cita serta tujuan melalui proses pembangunan dengan arahan tentang bagaimana membuat strategi pembangunan dan keputusan yang terukur untuk masa depan yang lebih baik.

Berdasarkan buku Kewarganegaraan yang disusun Emy Yunita Rahma Pratiwi, bagi bangsa Indonesia geostrategi diartikan sebagai metode mewujudkan cita-cita proklamasi, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, melalui proses pembangunan nasional.

Geostrategi Indonesia berasal dari kesadaran terbentuknya bangsa Indonesia yang majemuk dan heterogen, artinya tiap suku bagsa mempunyai hubungan historis dan psikologis dengan daerahnya. Proses integrasi bangsa yaitu perpaduan berbagai unsur kekuatan bangsa ke dalam satu jiwa kebangsaan sesuai dengan konstitusi. Geostrategi Indonesia dirumuskan dalam bentuk ketahanan nasional.

Pengertian Geostrategi Indonesia

Berdasarkan pembahasan di atas, geostrategi Indonesia merupakan suatu cara dalam memanfaatkan seluruh wilayah geografi yang ada di Indonesia untuk menentukan kebijakan, arahan serta sarana-sarana demi mencapai tujuan seluruh bangsa.

Pembentukan geostrategi Indonesia diawali dengan kesadaran bahwa bangsa dan negara memiliki faktor-faktor yang setiap saat dapat menjadi pemecah belah, akibatnya kesatuan bangsa akan hancur.

Tujuan Geostrategi Indonesia

Geostrategi di Indonesia memiliki beberapa tujuan, yaitu:

1. Menyusun dan mengembangkan potensi kekuatan nasional, baik yang berbasis aspek ideologi, politik, sosial budaya maupun aspek-aspek lainnya.

2. Sebagai penunjang tugas pokok pemerintah Indonesia. Tugas pokok tersebut yakni:
a.) Menegakkan hukum dan ketertiban.
b.) Terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran.
c.) Terselenggaranya pertahanan dan keamanan.
d.) Terwujudnya keadilan hukum dan sosial.
e.) Kesempatan rakyat untuk mengaktualisasikan diri.

Pengertian Ketahanan Nasional

Ketahanan nasional terdiri dari dua suku kata, 'ketahanan' dan 'nasional'. Ketahanan berarti artinya kuat, kuat menderita, kuat menguasai diri, tetap pada keadaannya, keteguhan hati dan kesabaran. Sedangkan kata 'nasional' maknanya sebagai kesatuan dan persatuan kepentingan bangsa yang telah menegara, biasanya berhubungan erat dengan kemampuan manusia dalam menghadapi kehidupannya.

Secara istilah, ketahanan nasional merupakan kondisi dinamik suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, di dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan serta gangguan.

Gangguan tersebut dapat berasal dari luar dan dalam, langsung maupun tidak langsung serta membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mengejar tujuan nasional.

Hakikat Ketahanan Nasional

Dikutip dalam buku Nasionalisme Dalam Dinamika Ketahanan Nasional karya Armaidy Armawi, pada hakikatnya ketahanan nasional adalah kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidupnya menuju kejayaan bangsa dan negara. Ketahanan nasional bergantung pada kemampuan bangsa dan seluruh warga negara dalam membina dan mengembangkan aspek alamiah serta sosial.

Aspek-aspek tersebut sebagai landasan penyelenggaraan kehidupan nasional di segala bidang. Ketahanan nasional merupakan suatu interaksi positif seluruh unsur-unsur kehidupan nasional.





Simak Video "Duh, Anggaran Pemilu 2024 Belum Sepenuhnya Disetujui Kemenkeu"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia