Kisah Ibu Gantikan Wisuda Anak yang Lulus S2 dan Meninggal, Bikin Terharu

Devi Setya - detikEdu
Selasa, 21 Jun 2022 12:30 WIB
Ibunda hadiri wisuda anaknya yang meninggal dunia
Proses wisuda Almarhumah Siti Fatimah Fajrin yang diwakili ibunya Foto: Humas UIN Sunan Kalijaga
Jakarta -

Seorang mahasiswi UIN Sunan Kalijaga tak bisa menghadiri momen wisuda lantaran ia lebih dulu dipanggil Yang Maha Kuasa. Prosesi wisuda pun dihadiri sang ibunda yang menggantikan posisinya untuk menerima ijazah.

Wisuda merupakan momen yang sangat membahagiakan sekaligus mengharukan. Titik dimana seorang mahasiswa disebut berhasil menyelesaikan tanggung jawab pendidikan sekaligus sebagai bukti pencapaian prestasi kepada keluarga dan diri sendiri. Wisuda juga menjadi momen awal untuk memulai kehidupan dengan pencapaian-pencapaian lainnya di lingkungan yang baru.

Dikutip dari instagram resmi @uinsk (21/6), UIN Sunan Kalijaga baru saja menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka Wisuda Program Sarjana, Magister dan Doktor Periode III Tahun Akademik 2021/2022 dalam dua hari yakni Rabu dan Kamis (15-16 Juni 2022).

Saat pelaksanaan prosesi wisuda, nama-nama wisudawan dan wisudawati dipanggil untuk menerima ijazah dan penyematan tali toga. Namun ada yang berbeda dalam wisuda periode III hari kedua di UIN Sunan Kalijaga. Terlihat seorang ibu hadir untuk menggantikan putrinya yang telah meninggal dunia.

Almarhumah Siti Fatimah Fajrin adalah mahasiswi Program Studi Magister Akidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Ia telah berpulang ke Rahmatullah pada 20 Februari 2022. Ia meninggal satu bulan setelah berhasil menyelesaikan tesisnya pada Sidang Munaqasyah.

Ibunda Almarhumah Siti Fatimah Fajrin ini hadir di acara wisuda menggantikan sang putri. Ia layaknya wisudawan dan wisudawati lainnya yang maju ke atas panggung untuk menerima ijazah. Dalam video yang dibagikan, tampak ibunda Almarhumah Siti Fatimah Fajrin ini disambut dengan dekapan erat Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Dr. Inayah Rohmaniyah, M.Hum., M.A.

Melihat pemandangan ini, suasana Gedung Prof. H.M. Amin Abdullah menjadi penuh haru diiringi oleh tangis beberapa wisudawan/wisudawati yang menyaksikan momen tersebut. Begitu pula dengan Dr. Inayah Rohmaniyah yang terlihat beberapa kali menyeka air matanya setelah memeluk sekaligus menuturkan kalimat belasungkawa. Untaian doa pun disampaikan langsung kepada Ibunda Almh. Siti Fatimah Fajrin.

"Kami mohon kepada wisudawan dan wisudawati berserta wali berkenan memberikan doa kepada Almarhumah Siti Fatimah Fajrin. Semoga Almarhumah husnul khotimah dan diampuni segala dosanya," ujar MC dalam acara wisuda ini.

Siti Fatimah Fajrin pun digambarkan sebagai sosok perempuan yang tangguh dan cerdas. "Kebaikan dan budi pekertimu yang menginspirasi akan selalu hidup dalam sanubari keluarga dan teman-teman terkasih," tulis keterangan pada instagram UIN Sunan Kalijaga.



Simak Video "Prestasi Rima Melati: Menang FFI hingga Festival Film Asia Pasifik"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia