ADVERTISEMENT

5 Sunah dan Amalan di Hari Jumat agar Mendapat Tambahan Pahala

Devi Setya - detikEdu
Jumat, 17 Jun 2022 05:00 WIB
Masjid Al-Bina Senayan, Jakarta, Jumat (19/06/2015), menjadi tempat favorit warga untuk mengisi waktu dihari kedua puasa, seperti melakukan sholat berjamaah, berdoa, mengaji hingga istirahat. Rengga Sancaya/detikcom.
Ilustrasi seorang pria sedang berdoa di masjid Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Amalan baik memang harus dilakukan setiap hari dan setiap saat. Tetapi ada beberapa amalan yang lebih istimewa, yakni ketika dilakukan saat hari Jumat.

Hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat Islam. Bahkan hari Jumat juga disebut sebagai hari raya bagi umat muslim. Banyak sunah dan amalan yang bernilai pahala besar.

Keistimewaan hari Jumat disebutkan dalam sebuah hadits yang berasal dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda:

"Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakannya Adam, dimasukkannya ia ke surga, dan dikeluarkannya dari surga." (HR Muslim)

Berikut beberapa amalan sunah yang bisa dilakukan hari Jumat:

1. Membaca surat Al-Kahfi

Ketika hari Jumat, disunahkan membaca surat Al Kahfi. Bahkan Rasulullah SAW bersabda, orang yang menghafal surat Al-Kahfi akan dilindungi dari fitnah dajjal.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang berasal dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah)." (HR Muslim).

Sedangkan, dalam sebuah hadits lain, dianjurkan untuk membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat.

"Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa RasululĀ­lah SAW pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat." (HR An-Nasa'i dan Baihaqi).

2. Memperbanyak sholawat

Amalan selanjutnya yang juga bisa dilakukan di hari Jumat adalah memperbanyak sholawat kepada Rasulullah SAW. Dikutip dari buku
Mukjizat Shalawat karya Habib Abdullah Assegaf, Lc., M.A. & Hj. Indriya R. Dani, S.E. disebutkan bahwa berdasarkan beberapa riwayat sholawat adalah penolong baik di dunia maupun di akhirat.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits

"Perbanyaklah sholawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali," (HR Baihaqi).

3. Mandi dan mengenakan pakaian bagus

Mandi pagi di hari Jumat juga merupakan amalan yang bernilai pahala. Mandi juga dianjurkan bagi laki-laki yang hendak menjalani ibadah sholat Jumat.

Diriwayatkan dalam sebuah hadits yang berasal dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang mendatangi shalat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi." (HR Ibnu Hibban).

Selain mandi, dianjurkan juga berhias dan mengenakan pakaian bagus serta menggunakan wewangian. Pakaian yang bagus di sini bukanlah pakaian baru atau mewah tetapi pakaian yang bersih.

Dalam sebuah riwayat Ibnu Majah sebagaimana disebutkan dalam kitabnya Iqamat Ash-Shalat wa As-Sunnatu fiha, dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya hari ini (Jumat) adalah hari raya yang Allah peruntukkan bagi umat Islam. Maka, barangsiapa yang hendak menuju sholat Jumat hendaklah ia mandi, memakai wewangian jika ada, dan gunakanlah siwak." (HR Ibnu Majah dan At-Thabrani. Dihasankan Al-Albani dalam Shahih Al-Jami').

4. Menyegerakan berangkat sholat Jumat

Sholat Jumat wajib hukumnya bagi laki-laki muslim. Ada beberapa keutamaan sholat Jumat, salah satunya ketika mendapat shaf paling depan di masjid. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW, disebutkan bahwa orang yang berangkat lebih awal seperti berkurban dengan unta.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang berangkat Jumat di awal waktu, maka ia seperti berkurban dengan unta. Siapa yang berangkat Jumat di waktu kedua, maka ia seperti berkurban dengan sapi. Siapa yang berangkat Jumat di waktu ketiga, maka ia seperti berqurban dengan kambing gibas yang bertanduk. Siapa yang berangkat Jumat di waktu keempat, maka ia seperti berqurban dengan ayam. Siapa yang berangkat Jumat di waktu kelima, maka ia seperti berkurban dengan telur." (HR Bukhari dan Muslim).

5. Sedekah di hari Jumat

Ibnul Qoyyim dalam buku Panduan Amalan Hari Jumat karya Mahmudin, berkata, "Sedekah pada hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan."

Dalam Al Qur'an juga tercatat dalam QS Al Hadid ayat 18. Orang yang bersedekah mendapat balasan berlipat ganda dari Allah SWT.

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia."

Itulah beberapa sunah dan amalan yang bisa dilakukan umat muslim di hari Jumat. Semoga sebagai muslim beriman, kita bisa mengamalkan sunah ini dengan baik.



Simak Video "Pertemuan Tak Sengaja AHY-Ganjar Usai Salat Jumat di Masjid Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia