Keutamaan Berdoa Ba'da Ashar di Hari Jumat, Semua Doa Dikabulkan Allah SWT

Devi Setya - detikEdu
Jumat, 27 Mei 2022 14:00 WIB
berdoa
Ilustrasi pria muslim yang sedang berdoa Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Hari Jumat disebut juga sebagai hari raya bagi umat muslim. Hari ini sangat istimewa dan banyak amalan yang bisa dilakukan untuk mendulang pahala.

Selain kewajiban sholat Jumat bagi para pria, ada beberapa sunah yang bisa dijalankan setiap hari Jumat seperti sedekah, membaca surat Al Kahfi hingga zikir di sepanjang hari. Rasulullah SAW bahkan pernah bersabda bahwa hari Jumat merupakan hari yang agung.

"Sungguh hari Jumat adalah tuannya hari-hari yang paling agung di sisi Allah." (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Ada satu kesempatan lagi yang tak boleh dilewatkan bagi umat muslim saat hari Jumat tiba. Setelah ashar, merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Siapapun yang berdoa dan meminta Rahmat dari Allah SWT pasti akan dikabulkan, hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW:

"Pada hari Jumat terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah Ashar." (HR Abu Dawud).

Penjelasan terkait hadist ini pun dijabarkan oleh beberapa ulama. Banyak yang menyebutkan bahwa waktu mustajab untuk berdoa di hari Jumat adalah setelah Ashar hingga menjelang terbenamnya matahari atau Maghrib.

Iman Ahmad rahimahullah menjelaskan bahwa waktu mustajab itu adalah ba'da ashar, beliau berkata:

"Kebanyakan hadits mengenai waktu yang diharapkan terkabulnya doa adalah ba'da ashar dan setelah matahari bergeser (waktu shalat jumat)." [Lihat Fatwa Sual Wal Jawab no. 112165]

Ibnul Qayyim berkata:

"Waktu ini ini adalah akhir waktu ashar dan diagungkan oleh semua orang yang beragama" [Zadul Ma'ad 1/384]

Allah SWT Maha Penyayang maka setiap umatnya berdoa dan meminta kepada-Nya maka akan dikabulkan. Meskipun demikian, ada beberapa adab yang harus dilakukan ketika berdoa.

Usahakan berdoa dalam keadaan bersih atau dimulai dengan berwudhu, menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan dan sampaikan doa tanpa tergesa-gesa.

Dalam hadist oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Akan diijabahi doa kalian, jika tidak berdoa dengan tergesa-gesa. Sungguh kamu telah berdoa, maka atau kenapa tidak diijabahi?" (HR Imam Bukhari).

Berdoalah di hari Jumat dengan sungguh-sungguh dan hanya mengharapkan kebaikan dari Allah SWT. Jangan pernah terbersit sedikitpun perasaan buruk sangka kepada Allah SWT jika doa belum dikabulkan karena sesungguhnya Allah SWT Maha Mengetahui apa yang dibutuhkan hambanya.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Berdoalah kepada Allah dengan harapan akan dikabulkan. Karena Allah tidak akan menerima doa dari hati yang lalai dan kosong dari harapan." (HR Tirmidzi).

Abdullah bin Umar RA berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya hati itu bagaikan bejana. Sebagiannya lebih luas dari sebagian yang lain.

Jika kalian meminta kepada Allah, maka mintalah dengan penuh harap bahwa doa itu akan dikabulkan. Karena Allah tidak akan mengabulkan doa seseorang dari hatinya yang lalai." (HR Ahmad).

Nah, Detikers sudah tahu kan kapan waktu mustajab untuk berdoa di hari Jumat? Yuk perbanyak amalan agar bisa mendapatkan banyak pahala sebagai bekal di akhirat.



Simak Video "Momen Keluarga Gelar Doa Bersama untuk Tjahjo Kumolo"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia