Serba-Serbi Tanda Baca, Mulai dari Berubah Nama Hingga Kegunaannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 15 Jun 2022 20:00 WIB
Portrait of little Asian boy sitting at his desk doing homework against white background.
ilustrasi belajar. Foto: Getty Images/iStockphoto/tylim
Jakarta -


Dalam sebuah kalimat, pasti terdapat minimal satu tanda baca. Tanda baca merupakan tanda yang dipakai dalam sistem ejaan. Tanda baca bertujuan untuk menunjukkan struktur dalam sebuah tulisan, menentukan intonasi, serta jeda pada saat pembacaan.

Ada beberapa tanda baca yang sering muncul dalam sebuah kalimat seperti titik (.), koma (,), titik dua , titik dua (:), titik koma (;), tanda tanya (?), tanda seru (!), dan tanda petik (").

Nah tanda baca sangat penting dalam sebuah kalimat, kira-kira apa fakta unik tanda baca? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat:

Fakta Unik Tanda Baca

1. Titik (.)

Titik ditemukan oleh Aristophanes of Byzantium. Tanda baca titik ini sudah dikenal sejak abad ketiga sebelum masehi.

Fakta uniknya titik pada awalnya tidak ditaruh di akhir kalimat melainkan ditaruh di bagian atas baris. Sedangkan untuk maknanya dan kegunaannya tanda titik masih sama, sebagai akhir kalimat atau bacaan.

2. Koma (,)

Tanda baca koma juga ditemukan orang yang sama seperti tanda baca titik. Tanda baca koma biasanya penanda untuk jeda yang terletak di bagian tengah kalimat.

Tanda baca koma dianggap sebagai tanda baca paling mahal, karena bisa mengakibatkan salah penafsiran nilai uang. Tak heran bila peletakan koma saat menulis angka sangat diperhatikan.

3. Tanya (?)

Tanda tanya (?) pada awalnya berbentuk (qo) yang berasal dari kata question. Namun posisi q dan o terpisah dari atas dan bawah.

Tanda tanya berfungsi untuk melengkapi kalimat tanya. Ketika seseorang mengeluarkan pertanyaan maka harus diakhiri dengan tanda tanya.

4. Tanda Seru (!)

Tanda seru sudah dipakai sejak lama tepatnya sejak abad 15. Tanda seru digunakan untuk mengekspresikan emosi atau sentiment yang kuat.

Fakta unik tanda seru adalah baru ditaruh di mesin tik pada tahun 1970. Sebelumnya para penulis harus membuat tanda seru secara manual. Pertama penulis harus mengetik tanda titik terlebih dahulu kemudian mengetik apostrophe di atasnya.

5. Pagar (#)

Tanda pagar saat ini sering digunakan sebagai hashtag. Menurut seorang insinyur dari Bell Labs, tanda baca pagar (#) awalnya bernama octothorpe.

Nah itulah beberapa fakta unik tanda baca yang sering detikers gunakan. Bagaimana cukup unik bukan?



Simak Video "Tenang! Ganjil Genap 26 Titik Masih Uji Coba"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia