Sapi Vs Kambing, Mana yang Afdhal untuk Qurban?

Kristina - detikEdu
Senin, 13 Jun 2022 20:30 WIB
Warga memberikan makanan kepada sapi dan kambing di kawasan tempat penjual hewan kurban yang terletak di pinggir tempat penampungan sampah di Kebun Bawang, Jakarta Utara, Kamis (1/8/2019).
Ilustrasi sapi dan kambing sebagai hewan qurban. Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta -

Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk menunaikan ibadah qurban, yakni menyembelih hewan ternak pada hari Idul Adha dan hari Tasyrik. Antara sapi dan kambing, hewan ternak mana yang afdhal untuk qurban menurut syariat?

Prof Wahbah Az Zuhaili dalam kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu Juz 4 mengatakan, ibadah qurban disyariatkan pada tahun ketiga Hijriyah, bersamaan dengan pensyariatan zakat dan sholat hari raya.

Perintah untuk qurban tertuang dalam surah Al Kautsar ayat 1-3. Dia berfirman:

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ - ١ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ - ٢ اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ ࣖ - ٣

Artinya: "Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)."

Pada zaman Rasulullah SAW, hewan yang dijadikan untuk qurban adalah unta. Mengutip buku Sejarah Ibadah karangan Syahruddin El-Fikri, saat melaksanakan Haji Wada di Mina, Rasulullah SAW menyembelih 100 ekor unta. Dari jumlah tersebut, 70 ekor di antaranya ia sembelih sendiri dan sisanya disembelih oleh Ali bin Abu Thalib.

Selain unta, hewan ternak yang dapat dijadikan untuk qurban adalah sapi dan kambing. Para fuqaha berbeda pendapat mengenai hewan mana yang paling afdhal untuk dijadikan qurban.

Ustaz Yusuf Mansur dalam buku 63 Tanya Jawab Qurban mengatakan, hewan yang paling afdhal untuk diqurbankan adalah unta, kemudian sapi, lalu kambing. Ini merupakan pendapat menurut madzhab Syafi'i, Hanbali, Dzhohiri, dan sebagian Maliki.

Sebagaimana Imam Syafi'i berkata, "Unta lebih aku sukai untuk diqurbankan daripada sapi, dan sapi lebih aku sukai untuk dikurbankan dibanding kambing, dan semakin mahal harga kambingnya lebih aku sukai dibandingkan yang murah, dan hewan yang baik dagingnya lebih aku sukai dibandingkan yang kualitasnya rendah. Dan domba lebih aku sukai dibandingkan kambing."

Para ulama mazhab Maliki berpendapat bahwa hewan qurban yang paling afdhal adalah domba, kemudian sapi, lalu unta, sedangkan ulama mazhab Hanafi berpendapat bahwa hewan yang paling afdhal adalah yang paling banyak dagingnya dan paling bermutu kualitas dagingnya.

Dalam pandangan mazhab Hanafi, satu kambing lebih afdhal dibandingkan sepertujuh sapi. Namun, jika sepertujuh sapi tersebut lebih banyak dagingnya, maka itulah yang lebih afdhal.

Dari keempat mazhab tersebut, pendapat yang paling kuat dalam masalah ini adalah pendapat madzhab Maliki yang mengatakan bahwa jenis hewan qurban yang paling afdhal adalah kambing, kemudian unta, lalu sapi. Pendapat ini mengacu pada sejumlah hadits nabi SAW yang bersumber dari Jabir bin 'Abdullah RA dan Aisyah RA.

Sementara itu, Syaikh Abu Bakar Jabar Al-Jazairi dalam kitab Minhajul Muslim menjelaskan, hewan qurban yang paling afdhal adalah kambing gibas bertanduk, jantan, berwarna putih, dan ada pola hitam menghiasi sekitar mata dan keempat kakinya. Sebab, kata Syaikh Abu Bakar Jabar Al-Jazairi, kambing semacam ini yang disukai Rasulullah SAW.

Pendapat ini bersandar pada sebuah hadits yang bersumber dari Aisyah RA. Dia berkata, "Sesungguhnya Nabi SAW menyembelih kambing gibas yang memiliki tanduk, menginjak dengan tapak yang hitam, berjalan dengan kaki yang hitam, dan melihat dengan mata yang hitam." (HR. At Tirmidzi, dinilai shahih).

Imam an-Nawawi dalam kitab al-Majmu' Syarh al-Muhadzdzab menegaskan, para ulama Syafi'iyah sepakat bahwa hewan yang buta, pincang kakinya, sakit, dan kurus sekali tidak sah untuk qurban.



Simak Video "Penampakan Sapi Kurban Terperosok ke Got di Depan Rumah Wapres Ma'ruf Amin"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia