Ribuan Siswa Akan Iringi Pemakaman Eril, Ini Rutenya

Trisna Wulandari - detikEdu
Minggu, 12 Jun 2022 18:04 WIB
Lokasi pemakaman Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung.
Rute menuju pemakaman Eril dari Gedung Pakuan. Foto: Yuga Hassani
Jakarta -

Ribuan siswa SMA dan SMK di Jawa Barat disebut akan berdiri di sepanjang rute menuju pemakaman putra Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung pada Senin pagi (13/2/2022). Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, jenazah Eril rencananya akan diberangkatkan dari Gedung Pakuan menuju Cimaung Kabupaten Bandung.

Rute menuju pemakaman Eril dari Gedung Pakuan yaitu melewati Jalan Wastukencana menuju Tol Pasteur, kemudian masuk Tol Soroja, dan langsung ke pemakaman Eril di area Islamic Center milik keluarga Ridwan Kamil. Di sepanjang rute tersebut, kata Dedi, ribuan siswa akan berdiri mengiringi kepergian Eril menuju pemakamannya.

Dedi merinci, rencananya para siswa dari 17 sekolah di Kota Bandung dan Kota Cimahi akan mendoakan Eril di sepanjang jalan, lalu disambut para siswa dari 34 sekolah lain dari mulai SMA, SMK, dan SLB di Jabar setelah keluar tol.

Ia menambahkan, ribuan siswa sekolah di Jabar tersebut akan turut melantunkan doa dan salawat untuk Eril.

"Jadi ada aspirasi dari komunitas pelajar maupun organisasi. Mereka akan memberikan penghormatan, mendoakan dan salawat kepada jenazah ananda Eril di sepanjang rute perjalanan menuju makam," kata Dedi, dikutip dari detikJabar, Minggu (12/6/2022).

"Saya mempersilakan kepada siswa dan siswi. Karena ananda Eril ini kan putra dari pemimpin kita di Jabar. Mungkin ada yang akan membawa bunga, silakan. Tapi mohon yang tertib saat berdiri di sepanjang jalan rute yang dilalui oleh jenazah," imbuhnya.

Dedi menuturkan, baginya, almarhum Eril layak mendapat penghormatan terakhir karena menjadi panutan bagi siswa di Jawa Barat. Sebab, Eril merupakan sosok pemuda yang berprestasi di sekolahnya baik secara akademik maupun pribadi.

"Karena kita tahu, pribadi ananda Eril ini sangat menjaga dan peduli kepada orang sekitarnya. Saya berharap siswa-siswi dapat memberikan doa yang terbaik untuk ananda Eril. Dan tentunya, mendoakan keluarga Pak Gubernur agar senantiasa diberikan ketabahan dan kekuatan," kata Dedi.

Rencana Rangkaian Pemakaman Jenazah Eril

  • Jenazah Eril tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Minggu (12/6/2022) sore dari Zurich Airport.
  • Jenazah Eril langsung dibawa ke rumah dinas Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat untuk disemayamkan, estimasi waktu pukul 22.00 WIB.
  • Jenazah Eril akan disalatkan di Gedung Pakuan, warga yang ingin ikut mensalatkan dipersilakan datang, estimasi waktu pukul 23.00 WIB
  • Senin (13/6/2022) pukul 09.00 WIB, jenazah Eril akan dibawa ke Cimaung, Kabupaten Bandung untuk dimakamkan oleh pihak keluarga
  • Warga diperbolehkan berziarah ke makam Eril usai prosesi pemakaman oleh pihak keluarga selesai.

Warga yang sudah bertakziah ke rumah dinas Ridwan Kamil di Gedung Pakuan diimbau tidak datang ke pemakaman Eril lagi.



Simak Video "Melihat Lagi Momen Melepas Eril ke Peristirahatan Terakhirnya"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia