Pemakaman Eril: Demi Tak Ganggu Siswa dan Pekerja, Dibawa Jam 9 Pagi

Trisna Wulandari - detikEdu
Minggu, 12 Jun 2022 14:06 WIB
Sejumlah warga nampak ramai di lokasi jelang pemakaman Emmeril Khan Mumtadz di Cimaung. Mereka turut mengabadikan momen persiapan pemakaman anak Ridwan Kamil tersebut, Minggu, 12/6/2022.
Pemakaman Eril: diberangkatkan pukul 9 pagi agar tak ganggu siswa dan pekerja. Foto: Yuga Hassani
Jakarta -

Jenazah anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan dibawa dari Gedung Pakuan, Bandung ke pemakaman Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin pagi (13/6/2022). Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Sekretariat Daerag Provinsi Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, rencana pemberangkatan Eril pukul 09.00 WIB untuk untuk mencegah kemacetan dan tidak menganggu aktivitas warga.

"Mudah mudahan dengan demikian yang sekolah dan bekerja tidak terganggu," kata Wahyu, dikutip dari CNN Indonesia (12/6/2022).

Wahyu menambahkan, masyarakat dapat mengantisipasi potensi kemacetan arus lalu lintas saat iring-iringan jenazah Eril melintas.

"Bagi warga yang ada di sekitar rute tersebut dapat diantisipasi untuk menggunakan jalur alternatif. Jika terjadi kemacetan, kami meminta maaf," kata Wahyu.

Kakak Ridwan Kamil Erwin Muniruzaman mengatakan, warga dapat menyampaikan doa hingga salat jenazah di Gedung Pakuan mulai Minggu (12/2/2022) setelah acara keluarga.

"Kepada warga yang akan hadir atau berkeinginan menyampaikan doa, salat jenazah, atau dukungan dan lain-lain sebagainya itu dipersilakan saat jenazah sudah sampai di Pakuan setelah acara keluarga. Perkiraan jam 11, pukul 23.00 hari Minggu sampai pukul 08.00 pagi (Senin) di Gedung Pakuan," kata Erwin.

Pelaksanaan shalat jenazah akan bertahap dilaksanakan pada Minggu 12 Juni pukul 22.00 WIB - Senin 13 Juni pukul 08.00 WIB.

Persiapan Pemakaman Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung

Pemakaman Eril disiapkan di Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Lahan di Cimaung tersebut merupakan bagian kawasan Yayasan Islamic Centre Baitulridwan milik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, seperti dikutip dari detikJabar.

Ibunda Eril, Atalia Praratya, mengimbau tamu yang akan bertakziah untuk melapor ke petugas keamanan. Tamu diharapkan hadir sebelum pukul 10.00 WIB dan efektif dalam penggunaan kendaraan agar tidak menimbulkan kemacetan. Sementara itu, bagi masyarakat yang hendak ziarah, bisa dilaksanakan setelah proses pemakaman selesai.

"(Mengimbau) Untuk tidak melakukan dokumentasi pribadi momen takziah dan pemakaman demi kelancaran acara. Kami mohon simpati dan empatinya," tulis Atalia dalam pos Instagramnya di akun @ataliapr, dikutip Minggu (12/6/2022).

Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo mengatakan telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Ia menambahkan, pihaknya menyiapkan 150 personel gabungan dalam pengamanan.

"Kami hanya akan menyampaikan pola pengamanan yang akan kami laksanakan, kami menyiapkan 150 personel dengan gabungan Satpol PP dan Dishub," kata Kusworo di depan gerbang kawasan Yayasan Islamic Centre Baitulridwan, Sabtu (11/6/2022).

"Imbauan warga tetap tertib, mohon maaf langkah pengamanan menimbulkan kekurangnyamanan warga dalam beraktivitas," imbuhnya.

Lokasi parkir dibagi menjadi empat lokasi dengan ditandai warna hijau, biru, kuning dan merah. Parkir tamu VVIP, VIP dan keluarga dengan tanda warna hijau, biru dan kuning berlokasi di sekitar area pemakaman. Sementara itu, tamu umum pemakaman Eril berstiker warna merah parkir di Lapangan Bola Cimaung.



Simak Video "Lepas Eril dengan Ikhlas, Atalia: Bentuk Cinta Tertinggi Kami Padamu"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia