ADVERTISEMENT

6 Rekomendasi Kegiatan Asah Bakat di Libur Panjang, Coba Yuk!

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 10 Jun 2022 14:30 WIB
Anak-anak mengikuti kelas belajar menggambar di Taman Tino Sidin, Bantul, Yogyakarta, Senin (28/9/2020). Anak-anak belajar menggambar dengan pendekatan teknik menggambar ala Maestro gambar Tino Sidin.
Rekomendasi kegiatan asah bakat selama libur panjang sekolah. Foto: Pius Erlangga
Jakarta -

Memasuki masa libur panjang kenaikan kelas atau libur semester di sekolah, detikers bisa menjajal berbagai kegiatan asah bakat dan memperluas keahlian. Setelah banyak belajar mata pelajaran akademik di sekolah, kamu bisa mencoba mengisi waktu liburan dengan mendalami bakal dan minat kamu.

Jika kamu belum yakin mau berkegiatan apa saat liburan, simak beberapa pilihan kegiatan yang bisa kamu pelajari sambil refreshing berikut:

Rekomendasi Kegiatan Asah Bakat

1. Dance

Dikutip dari laman Harvard Medical School, dance membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan hormon bahagia, dan membantu berkembangnya koneksi saraf baru di otak, terutama yang berhubungan dengan fungsi pelaksanaan, memori jangka panjang, dan kecakapan spasial. Wah, siapa sangka, nge-dance juga bantu memori otak kita lebih lama menyimpan ingatan, ya.

2. Cooking dan Baking

Tahukah kamu bahwa kegiatan memasak dan membuat kue adalah salah satu kegiatan yang membantu kita membuat perencanaan dan lebih terlatih meraih tujuan?

Dikutip dari Healthy Brains, memasak dan membuat kue menggunakan proses otak yang termasuk dalam kategori fungsi eksekutif. Nah, fungsi eksekutif ini melatih kemampuan kita dalam mengorganisir, memprioritaskan, menjaga fokus, menyelesaikan masalah, mengingat, dan multitasking. Aktivitas ini berada di bagian prefrontal pada frontal lobe otak, yang berhubungan dengan bagian otak lain.

3. Robotika

Buat kamu yang senang dengan robotika, bisa seru banget nih jika mengisi liburan dengan belajar robotika lebih jauh. Robotika juga bermanfaat lho bagi perkembangan kamu. Sebab, robotics learning membuat siswa terdorong kreatif dalam bidang desain sambil mengasah otak untuk menemukan solusi alternatif atas masalah sehari-hari dengan adanya robot.

Karena itu, robotika dapat mengasah sekaligus otak kiri yang mengatur logical thinking dan penyelesaian masalah dan otak kanan yang mengatur kreativitas, seperti dikutip dari Robots2U.

4. Animasi

Animasi adalah salah satu bidang ilmu yang bisa dipelajari dengan harga terjangkau di berbagai platform edukasi online maupun offline. Belajar animasi memungkinkan kamu menghasilkan konten kreatif yang menarik, hingga membuka peluang karier di bidang seni, film, desain grafis, dan pengembangan web.

Aplikasi animasi dasar untuk siswa SD umumnya tersedia sebagai mobile app, tetapi kamu juga bisa mencoba aplikasi animasi di komputer atau laptop. Kamu juga bisa mencoba animasi stopmotion dengan gambar tangan dan foto yang diatur dalam aplikasi pembuat video.

5. Bermusik

Tahukah kamu, bermain musik bisa mengasah otak kanan dan otak kiri bersama-sama? Dikutip dari Penn Medicine, University of Pennsylvania, bermain musik juga membantu mengasah daya ingat dan fungsi kognitif.

Di samping itu, rupanya tidak ada kata terlambat untuk bermusik. Riset mendapati, orang usia 60-85 yang mencoba bermain piano selama 6 bulan jadi lebih lancar berbicara dan daya ingatnya membaik, memproses informasi lebih cepat, dan lebih mampu dalam perencanaan.

6. Painting dan Pottery

Melukis dan bermain dengan tanah liat tidak hanya soal melatih kreativitas, lho. Riset peneliti terapi seni dan dosen Drexel University, Girija Kaimal mendapati, membuat karya seni rupa membantu kita menavigasikan masalah yang mungkin dapat terjadi di masa depan.

Dalam penelitiannya, Adaptive Response Theory: An Evolutionary Framework for Clinical Research in Art Therapy, ia menjelaskan, ketika seseorang membuat karya seni rupa, otak membuat rangkaian keputusan mulai dari alat yang digunakan, warna, dan apa yang dibayangkan di kepala ke atas kertas dan medium lainnya, hingga menginterpretasikannya.

Ia menambahkan, kendati kadang orang takut untuk memulai, menuangkan ekspresi lewat seni rupa baik gambar atau lainnya membuat otak merasa mendapat reward, sehingga kita merasa happy dan menilainya sebagai pengalaman yang menyenangkan.

Kegiatan asah bakat ini di atas juga tersedia di berbagai kursus untuk anak balita hingga remaja. Intip biaya les asah bakat tari hingga melukis selengkapnya DI SINI.



Simak Video "Memasuki Libur Panjang Sekolah, Stasiun Pasar Senen Ramai Penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia