3 Pilar Penting untuk Bangun Karakter Talenta Digital, Apa Saja?

Anisa Rizki - detikEdu
Kamis, 09 Jun 2022 20:00 WIB
Ilustrasi Digital
3 Pilar membangun karakter talenta digital, sudah jadi kebiasaan kamu, belum? Foto: Shutterstock
Jakarta -

Dita Aisyah, Co-Founder dari Binar Academy, menyampaikan beberapa pilar penting untuk membangun karakter talenta digital. Dalam Binar Academy sendiri terdapat 3 pilar penting yang harus diperhatikan.

"Jadi kita di Binar ini percaya ada 3 pilar penting dalam hidup untuk membangun karakter talenta digital. 3 pilar itu ada our self, our society, dan our planet," ungkapnya pada acara peluncuran Whitepaper Akselerasi Talenta Digital, Kamis (9/6/2022).

Menurut Dita, dari 3 pilar itu, ada karakter-karakter yang perlu dikembangkan. Karakter tersebut nantinya akan menciptakan talenta digital berkualitas. Apa saja?

1. Pilar Our Self

Pada pilar our self ini, ada beberapa karakter yang dijabarkan. Karakter tersebut diantaranya:

  • Intrinsic motivation, maksudnya motivasi dari diri sendiri. Motivasi yang dimiliki oleh talenta digital haruslah kuat, jangan sampai lemah.
  • Self awareness, berarti menyadari sampai mana kemampuan kita. Dengan menyadari kemampuan dan limit dari diri sendiri, maka kita mampu berinovasi dengan lebih baik.
  • Curiousity, artinya rasa penasaran. Munculnya rasa penasaran akan membuat kita semakin terbuka dengan teknologi-teknologi baru dan ingin mempelajarinya.
  • Grit, maksudnya ketekunan atau semangat untuk mencapai suatu tujuan jangka panjang.
  • Self regulate learning, artinya kita harus belajar kapanpun dan dimanapun tanpa harus disuruh. Terlebih pada era sekarang sudah banyak konten-konten gratis untuk mengasah skill.
  • Self reflection, maksudnya kita harus bisa refleksi diri ketika melakukan kesalahan. Jangan sampai menyalahkan orang lain tanpa sadar kesalahan diri sendiri.

2. Pilar Our Society

  • Collaboration, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, masalah juga semakin kompleks. Masalah akan lebih mudah selesai apabila diatasi secara bersama-sama, tidak sendiri.
  • Leveraging diversity, karakter ini mengajarkan kita untuk lebih terbuka akan perbedaan dan saling menghargai. Jangan sampai judgemental akan perbedaan.
  • Reliable, kita harus bisa jadi orang yang dapat dipercaya oleh orang lain. Tidak hanya dipercaya, bahkan juga diandalkan.

3. Pilar Our Planet

- Mission driven, maksudnya kita harus sadar bahwa kita ada di planet Bumi untuk sebuah misi. Kita lahir dan diberi kehidupan, artinya kita juga harus berkontribusi pada lingkungan kita.

- Critical thinking, berpikir kritis sangat diperlukan. Selain untuk mengembangkan kemampuan, berpikir kritis membantu kita dalam menyelesaikan masalah.

- Creative thinking, berpikir kreatif merupakan karakter yang penting. Di era sekarang ini, ide-ide baru sangat dihargai.

- Problem solving, kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah akan sangat membantu di lingkungan kerja. Di Binar Academy sendiri, pendidikan akan problem solving ditanamkan sejak awal.

- Empowered, artinya kita harus dapat mendorong orang lain untuk menyadari potensi mereka.

Untuk diketahui, Binar Academy merupakan salah satu platform edutech yang berfokus pada pengembangan skill dan talenta digital. Tujuan dibentuknya sendiri sebagai sarana untuk berkontribusi secara langsung terhadap pembangunan ekosistem digital, khususnya di era 4.0 ini.

Metode pembelajaran Binar Academy sendiri yakni beragam seperti kelas online dan macam-macam konten. Melalui program pendidikannya seperti Binar Bootcamp, Binar Insight, BinarGO dan layanan Job Connect, binar mendukung pertumbuhan lulusan SMA, mahasiswa dan orang-orang yang ingin berganti karir.

Pada tahun 2021 lalu, Binar Academy mengedukasi lebih dari 8.000 siswa melalui program-programnya, tak lupa dengan beragam seri webinar interaktif. Meskipun di tengah pandemi, para siswa dan mahasiswa tetap semangat menggali talenta digital mereka.

Talenta digital disebut sebagai kunci transformasi penting dunia pendidikan ke arah digital. Hal ini diungkapkan Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang, dikutip dari situs Kominfo. Ia juga mendorong dunia pendidikan untuk mengambil peran dalam persiapan talenta digital untuk masa depan.

Nah, itulah 3 pilar penting untuk membangun karakter talenta digital seperti yang diungkapkan langsung oleh Dita Aisya, Co-Founder Binar Academy.



Simak Video "Wisata Edukasi Sentra Keramik Plered Purwakarta Aktif Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia