ADVERTISEMENT

10 Perbatasan Negara Paling Berbahaya di Dunia, Korea Utara-Selatan Termasuk?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 08 Jun 2022 09:00 WIB
Korea Utara (Korut) meledakkan kantor penghubung antar Korea di dekat perbatasan Korea Selatan (Korsel) pada hari Selasa (16/6/2020).
Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun/10 Perbatasan Negara Paling Berbahaya di Dunia
Jakarta -

Setiap negara memiliki batas wilayah yang merupakan pemisah kedaulatan suatu negara yang didasarkan atas hukum internasional. Bagi beberapa negara, batas ini seringkali menjadi wilayah yang diperebutkan dan titik konflik antardua negara.

Perebutan wilayah di batas negara tersebut seringkali memakan korban dan menjadi tempat paling berbahaya. Oleh karena itu, banyak negara memiliki penjagaan militer yang sangat ketat di setiap batas negara.

Mengutip laman World Atlas, ada beberapa perbatasan negara yang dianggap paling mengerikan dan berbahaya di dunia. Berikut ini daftarnya.

10 Perbatasan Negara Paling Berbahaya di Dunia:


1. Israel-Suriah

Konflik perbatasan antara Israel dan Suriah sudah berlangsung bertahun-tahun. Kedua negara telah berperang sejak ratusan tahun untuk menguasai berbagai bidang tanah. Perbatasan dua negara ini sangat berbahaya karena telah menjadi zona pertempuran.


2. India-Pakistan

Meski memiliki kemiripan dari segi budaya, namun India dan Pakistan juga rawan konflik di daerah perbatasan. Sejak pemisahan tahun 1947 yang mengakibatkan ratusan ribu orang tewas, negara-negara tersebut telah berperang menghabiskan setidaknya 25 tahun untuk memperdebatkan klaim atas provinsi Kashmir serta gletser gunung.


3. Korea Selatan-Korea Utara

Wilayah yang cukup terkenal dengan perbatasan negara yang berbahaya adalah Korea Selatan dan Korea Utara. Mereka memiliki Zona Demiliterisasi Korea (DMZ) yang merupakan batas 160 mil antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Daerah ini dijaga ketat oleh pasukan di kedua sisi dan dilengkapi dengan kawat berduri dan ranjau darat aktif.


4. Mexico-US

Perbatasan Meksiko-AS membentang dari California ke Texas dengan total 1.989 mil. Zona ini sangat berbahaya di wilayah El Paso-Juarez yang dikenal dengan pengedar narkotika yang menyelundupkan obat-obatan, senjata, dan orang-orang melewati perbatasan. Ratusan orang tewas di sini setelah bentrokan antara polisi dan kelompok geng.


5. Nigeria-Chad

Perbatasan Nigeria-Chad dikenal berbahaya karena ada salah satu kelompok teror paling mematikan di dunia, yakni pemberontakan Boko Haram. Kelompok ini telah menimbulkan banyak kekerasan yang menyebabkan lebih dari 17.000 orang mengungsi.


6. Yaman-Arab Saudi

Kedua negara telah mengalami konflik kekerasan selama 65 tahun terakhir. Perbatasan negara ini juga sangat berbahaya karena adanya perang sejak Maret 2015. Bahkan diperkirakan 6.000 warga sipil dan tentara telah tewas sejak awal perang.


7. Colombia-Ecuador

Perselisihan antara Kolombia dan Ekuador telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena kelompok pemberontak Kolombia yang disebut sebagai Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (Tentara Rakyat atau FARC). Hal ini membuat tanah perbatasan antar kedua negara menjadi sangat mengerikan.


8. Irak-Iran

Salah satu perbatasan paling berbahaya di dunia terletak antara Irak dan Iran, membentang persis dari sungai Shatt-al-Arab ke perbatasan Turki. Jutaan jiwa bahkan menjadi korban selama konflik sengketa wilayah berlangsung.


9. Pakistan-Afghanistan

Perbatasan antara Pakistan dan Afghanistan disebut Garis Durand dan membentang sepanjang 1.510 mil. Perbatasan ini menjadi sangat berbahaya karena kurangnya kontrol pemerintah dengan orang-orang di semua sisi yang membawa senjata.


10. Cina-Korea Utara

Cina dan Korea Utara dipisahkan oleh dua sungai, Tumen dan Yalu, serta pegunungan Paektu. Perbatasan di sini memiliki keamanan yang buruk sehingga ada beberapa yang bisa melarikan diri. Namun sejak banyaknya laporan, wilayah ini menjadi tempat yang diawasi dan berbahaya.

Itulah 10 perbatasan negara paling berbahaya di dunia.

Simak juga 'Korsel dan Korut Saling Balas Uji Coba Rudal, Persiapan Perang?':

[Gambas:Video 20detik]



(faz/nwy)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia