Bacaan Doa Setelah Wudhu, Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Anisa Rizki Febrianti - detikEdu
Senin, 06 Jun 2022 07:00 WIB
Istanbul, Turkey - April 07, 2012: Man performing ablution. Ablution is a ritual act, where the person washes himself/herself in order to get ready for the prayer. Image taken during midday at the fountains next to Sultanahmet Mosque in Istanbul.
Bacaan doa setelah wudhu. Foto: iStock
Jakarta -

Doa setelah wudhu biasa dibaca setelah melakukan wudhu. Istilah wudhu sendiri mengacu pada salah satu syarat penting untuk melakukan ibadah wajib serta penambah pahala saat menunaikan ibadah sunnah yang tidak mewajibkan wudhu.

Wudhu menjadi syarat sah sholat fardhu. Adapun terkait contoh ibadah sunnah yang tidak mengharuskan wudhu yaitu membaca zikir-zikir ringan, tasbih serta shalawat.

Meskipun doa setelah wudhu sering dilupakan, alangkah baiknya kita membaca doa tersebut meskipun hukumnya sunnah. Terlebih, amalan sunnah sering dianggap remeh karena tidak dihitung sebagai dosa jika ditinggalkan.

Berdasarkan buku Gantung Wudhu karya Dr. dr. H. Sagiran, Sp.B, makna yang terkandung dalam doa setelah wudhu sangat istimewa. Dalam doa tersebut kita memohon kepada Allah SWT dengan menjadikan wudhu sebagai perantara ibadah agar kita menjadi orang yang bersih lahir dan batin.

Berikut merupakan doa setelah wudhu.

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ

Latin: Asyhadu al laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rasuuluhu. Allahumma ij'alni minat tawwaabiina waj'alni minal mutathahhiriin.

Artinya: "Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu baginya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusannya. Ya Allah, jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku golongan orang-orang yang suci".

Pada kata minat tawwaabiina memiliki arti orang-orang yang bertobat. Tobat merupakan cara seorang hamba memohon ampun kepada Tuhannya dari dosa-dosa yang ia perbuat, maka dari itu salah satu keutamaan membaca doa setelah wudhu yaitu sebagai perantara dalam bertobat. https://www.detik.com/tag/doa-wudhu/

Bayangkan saja bila kita selalu membacanya usai melaksanakan wudhu, artinya kita dijadikan orang-orang yang suci oleh Allah SWT. Dengan terus menerus memanjatkan doa tersebut, niscaya hidup kita akan mengalami perubahan yang dahsyat ke arah yang lebih baik.

Doa setelah wudhu juga termasuk ke dalam satu dari beberapa adab yang harus diperhatikan dalam berwudhu. Adapun adab-adab lainnya saat berwudhu sebagaimana dikutip dari Buku Pintar 50 adab Islam yang disusun oleh Arfiani, yaitu:

  1. Membaca niat.
  2. Berwudhu setiap hendak melaksanakaan sholat atau tidak berwudhu lagi apabila masih memiliki wudhu yang belum batal.
  3. Memulai wudhu dengan basmallah.
  4. Hemat dalam menggunakan air.
  5. Melakukan istinsyaq saat berkumur, yaitu memasukkan air ke dalam hidung.
  6. Istinsyaq dengan tangan kanan dan mengeluarkannya dengan tangan kiri.
  7. Mengusap seluruh kepala.
  8. Mengusap kepala bersamaan dengan telinga bagian luar dan dalam.
  9. Tidak melebihi kedua siku dan kedua mata kaki saat membasuh.
  10. Tertib dan berurutan.
  11. Membaca doa selesai wudhu.

Itulah doa setelah berwudhu lengkap dengan arti dan keutamaannya. Berarti mulai sekarang, detikers harus membaca doa setelah wudhu ya!



Simak Video "Jokowi Cerita soal Pertemuan 1,5 Jam dengan Zelensky"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia