ADVERTISEMENT

8 Hewan Ini Diyakini Bisa Prediksi Cuaca, Ada yang Ramal Datangnya Hujan

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 04 Jun 2022 18:15 WIB
Bridport Dorset
ilustrasi domba. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Prediksi cuaca di Indonesia biasanya dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG). Tapi, tahukah kamu, ada sejumlah hewan yang juga diyakini memiliki keahlian dalam meramal cuaca?

Sejumlah hewan berikut ini diyakini dapat memprediksi datangnya cuaca buruk seperti badai atau pun kedatangan hujan. Simak penjelasan berikut yang dikutip dari laman The Weather Channel.

8 Hewan yang Diyakini Punya Kemampuan Memprediksi Cuaca

1. Katak

Katak akan mengeluarkan suara yang lebih keras dan nyaring ketika cuaca buruk akan datang. Ketika kalian mendengar volume suara katak meningkat, kamu dapat berasumsi bahwa petir akan datang.

2. Burung

Melihat seberapa tinggi seekor burung terbang diyakini dapat dijadikan sebagai acuan prakiraan cuaca hari tersebut. Menurut The Weather Channel, cuacanya diprediksi cerah jika burung terbang tinggi.

Sebaliknya, bila burung cenderung terbang rendah hingga mendekati tanah dapat diasumsikan sebagai kedatangan cuaca buruk. Sebab, burung dikenal sensitif dengan tekanan udara dari petir ketika berada di ketinggian.

3. Sapi

Hewan yang dapat memprediksi cuaca selanjutnya adalah sapi. Cuaca buruk diprediksi tiba ketika sapi terlihat gelisah dan menangkap lalat dengan ekornya.

Ketika cuaca buruk tiba, sapi biasanya berbaring di hamparan padang rumput untuk menghindari wilayah becek akibat hujan.

4. Lebah dan Kupu-kupu

Ketika lebah dan kupu-kupu tidak hinggap di bunga, maka cuaca buruk akan datang. Lebah dan burung cenderung tidak ditemukan di tempat biasanya jika ada hal buruk yang akan terjadi.

5. Domba

Domba memiliki kebiasaan berkumpul dalam kerumunan. Pasalnya, hewan berbulu ini termasuk dalam kelompok hewan yang akan berkumpul dan bersama-sama untuk saling melindungi ketika cuaca buruk datang.

6. Kepik

Salah satu serangga yang dapat memprediksi cuaca adalah kepik. Ketika kepik terlihat berkumpul di suatu tempat artinya hari itu akan memiliki cuaca yang cerah. Di sisi lain, ketika kepik mencari perlindungan maka cuaca dingin akan segera datang.

7. Semut

Semut hitam dan merah akan membuat gundukan tanah yang tinggi ketika cuaca buruk datang. Hal itu berguna untuk melindungi mereka. Jadi ketika kalian melihat gundukan tanah milik semut bisa jadi akan segera turun hujan.

8. Marmot Groundhogs

Marmot groundhogs merupakan hewan asal Amerika yang dikenal dapat meramal cuaca. Biasanya, hewan tersebut kerap dijadikan acuan bagi masyarakat Amerika untuk memprediksi musim semi atau pun musim dingin.

Nah itulah 8 hewan yang dapat memprediksi cuaca. Keren ya detikers!



Simak Video "Waspada La Nina! Intensitas Hujan Meningkat Akhir Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/rah)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia