ADVERTISEMENT

Ternyata Ini Jenis Pohon Tertinggi di Dunia, Ada di Negara Mana?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 30 Mei 2022 10:00 WIB
Pohon hyperion
Foto: Dok. Wikimedia/redwood national park/Ternyata Ini Jenis Pohon Tertinggi di Dunia, Ada di Negara Mana?
Jakarta -

Pohon adalah salah satu makhluk hidup yang indah dan menakjubkan di planet ini. Banyak dari mereka yang memiliki jenis dengan ukuran sangat besar. Tapi jenis pohon apakah yang paling tinggi di dunia?

Mengutip laman Live Science, ternyata pohon tertinggi di Bumi adalah pohon redwood pantai (Sequoia sempervirens) yang menjulang di atas garis pantai Taman Nasional Redwood, di California Utara.


Lebih Tinggi dari Gedung 35 Lantai

Menurut Guinness World Records, pohon yang dikenal dengan nama Hyperion ini, terakhir kali diukur pada 2019, berdiri setinggi 380 kaki, 9,7 inci atau sekitar 116,07 meter dari atas ke pangkalan. Ukuran ini lebih tinggi dari gedung 35 lantai. https://www.detik.com/tag/pohon

Pohon pencakar langit ini pertama kali ditemukan pada tahun 2006, oleh Chris Atkins dan Michael Taylor, bagian dari tim peneliti yang menjelajahi hutan California untuk berburu pohon tertinggi.

Pada saat itu, pohon itu sedikit lebih pendek, dengan tinggi 379 kaki, 1,2 inci (115,5 m). Tak lama kemudian, kelompok peneliti juga menemukan pohon tertinggi kedua dan ketiga.

Pohon tertinggi kedua yang ditemukan adalah Helios, yang saat itu tingginya 376,3 kaki (114,7 m), dan yang ketiga Icarus, tingginya 371,2 kaki (113,1 m).

"Meskipun mereka berada di lereng yang curam, mereka tumbuh di habitat kayu merah terbaik di planet ini," kata Atkins dikutip dari Live Science.

"Mereka tepat di bawah punggung bukit, jadi mereka terlindung dari angin. Mereka dekat air yang melimpah, dan mereka memiliki banyak kabut, yang membuat iklim mikro lokal tetap sejuk dan lembab. Dan mereka memiliki paparan sinar matahari yang bagus," imbuhnya.


Berusia 600-800 Tahun

Diperkirakan pohon Hyperion berusia antara 600 dan 800 tahun. Selama berabad-abad itu Hyperion telah lolos dari gergaji mesin.

Peneliti belum menemukan secara pasti mengapa pohon-pohon ini bisa hidup sampai sangat tua, tetapi faktor iklim cukup berpengaruh.

Menurut National Park Service, ketika pedalaman California terbakar di musim panas, selimut kabut tebal menyelimuti hutan pantai, menjaga suhu tetap sejuk sepanjang tahun.

Pesisir juga mengalami curah hujan sekitar 100 inci (254 sentimeter) per tahun, yang juga membantu memelihara pohon raksasa ini.

Di sisi lain, jenis pohon dengan kayu merah pantai juga merupakan yang paling tahan banting di Bumi. Kulit mereka yang kaya tanin hampir tahan terhadap jamur dan penyakit yang bisa menerjang pohon lain.

Kulit raksasa Hyperion yang setebal 12 inci (25 cm) juga memungkinkan mereka bertahan dari kebakaran hutan yang secara historis menyapu daerah sekitar mereka hidup.



Simak Video "Aksi OTK di Makassar Tebang Puluhan Pohon Palem Sembarangan!"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia