10 Pulau Terkecil di Dunia, Ada dari Indonesia

Nikita Rosa - detikEdu
Sabtu, 30 Apr 2022 13:00 WIB
Pulau terkecil di dunia.
Foto: (refandibd11/d'Traveler)/10 Pulau Terkecil di Dunia, Ada dari Indonesia
Jakarta -

Bumi awalnya merupakan satu benua besar bernama Pangea. Setelah berjuta tahun evolusi, barulah pulau-pulau terbentuk, mulai dari gugusan pulau besar hingga yang kecil.

Dari banyaknya pulau di dunia, ada yang diberi predikat sebagai pulau terkecil. Bahkan ada yang hanya muat untuk satu rumah saja.

Penasaran apa saja pulau-pulau terkecil di dunia? berikut ini rangkumannya dikutip dari The Reader's Digest.

10 Pulau Terkecil di Dunia

1. Pulau Corvo, Portugal

Pulau Corvo memiliki luas 7 mil persegi dengan berisi 400 penduduk, tiga restoran, dan lima hotel di Portugal. Meskipun skalanya kecil, Pulau Corvo cocok untuk berlibur.

Pulau ini ramai dikunjungi wisatawan karena pemandangan vulkanik yang ciamik, ramai akan hiburan dari beranang, mendaki kawah, hingga mengamati burung dapat dilakukan di pulau ini.

2. Pulau Sea Lion, Falkland Islands

Berdiri sebagai negara merdeka, Falkland Island memiliki pulau terkecil di dunia bernama Pulau Sea Lion Island. Pulau ini dijadikan pulau konservasi dunia karena kaya akan satwa endemik.

Hanya berukuran 3.5 mil, Pulau Sea Lion menyimpan lima spesies penguin, singa laut, anjing laut, dan paus pembunuh. Selain terkecil, pulau ini merupakan pulau yang terisolasi. Butuh 3 penerbangan untuk sampai ke Pulau Sea Lion.

3. Pulau Bishop Rock, Inggris Raya

Bishop Rock tadinya dinobatkan sebagai 'pulau yang tidak ditinggali di dunia'. Pulau ini hanya seluas 0.000736 mil, hanya cukup untuk 2-3 manusia berdiri secara bersamaan.

Kini, pulau itu diisi oleh mercusuar dan dijadikan objek wisata bagi yang ingin melihat mercusuar terindah di Inggris raya.

4. Pulau Isla Mujeres, Mexico

'Hinggap' di Laut Karibia, Isle Mujeres adalah salah satu pulau terkecil yang ramai dijadikan destinasi wisata. Pulau di Meksiko ini menawarkan berbagai macam hiburan dari makanan laut, snorkeling, penangkaran penyu, hingga toko oleh-oleh.

Hanya seluas 5 mil, pengunjung tidak disarankan untuk menaiki mobil karena jaraknya yang dekat. Namun terdapat kendaraan lain seperti mobil golf dan sepeda.

5. Pulau Little St. Simons, Georgia

Berukuran 11 mil, hampir 60% dari pulau ini adalah pantai. Pulau ini ramai dikunjungi pengunjung yang ingin menikmati wisata alam.

Variasi satwa terdapat di pulau ini, membuat wisata yang ada berputar pada konservasi alam seperti pengamatan burung dan tur jalan.

6. Pulau Fox, Alaska

Berada di bagian Utara dunia, Pulau Fox menawarkan pemandangan gunung, gua, dan glasier. Pemandangannya yang unik membuat wisatawan ramai berkunjung.

Di sini, pengunjung bisa menikmati perahu kayak, memancing salmon, dan pengamatan satwa liar. Wisatawan juga dapat memberi makan paus di bulan-bulan tertentu.

7. Pulau Just Enough Room, Amerika Serikat

Dikatakan 'just enough room' atau 'cukup' karena pulau ini hanya cukup untuk satu rumah, pohon, dan pantai kecil. Berukuran 3,3 mili, pulau ini merupakan pulau privat telah dibeli oleh suatu keluarga.

8. Pulau Simping, Indonesia

Pasti pulau ini tidak asing di telinga, pasalnya pulau ini merupakan pulau di Indonesia. Pulau Simping hanya berukuran 0.5 hektar dan berisi batu-batuan serta pepohonan.

Meski demikian, penduduk sekitar menilai pulau ini memiliki daya magis. Terdapat kuil Cina yang dibangun di pulau ini.

9. Pulau Dangar, Australia

29 hektar ternyata cukup untuk tinggal 250 orang. Karena kecil, pulau ini bebas dari mobil dan penduduk akan berjalan kaki menuju tempat lain.

Meski penduduk setempat ingin pemandangan Pulau Dangar dinikmati sendiri, pebisnis membuat pulau ini bisa dikunjungi wisatawan.

10. Pulau Saba, Belanda

Pulau Saba merupakan pulau yang tidak masuk dalam radar. Berukuran 5 mil, ternyata pulau ini cukup untuk tinggal kurang lebih 2.000 orang.

Tidak seperti pulau lain di Kepulauan Karibia, Pulau Saba tidak memiliki pemandangan yang cantik. Namun yang menjadi daya tarik adalah pulau ini memiliki gunung berapi tertinggi di Belanda.

Nah, itulah 10 pulau terkecil di dunia. Apakah detikers tertarik untuk berkunjung?



Simak Video "Jumlah Wisman Asal Australia Tinggi, Bali Dianggap Rumah Kedua"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia