4 Masjid Ini Ada di Lokasi Populer di New York, Mau Tahu Apa Saja?

Rahma Harbani - detikEdu
Sabtu, 28 Mei 2022 18:45 WIB
Masjid di New York
Guru Besar FK UI Tjandra Yoga Aditama berpose di depan Masjid Manhattan, salah satu masjid yang terletak di lokasi populer New York. (Dok. Pribadi)
Jakarta -

New York memang merupakan salah satu kota dengan populasi masyarakat muslim minoritas. Berdasarkan data dari World Population Review 2022, hanya ada 6 persen populasi muslim atau hanya 2.028 penduduk yang muslim dari tiap 100 ribu penduduk New York.

Meski masyarakat muslim masih terbilang minoritas, Adjunct Professor di Universitas Griffith, Australia, Tjandra Yoga Aditama membagikan pengalamannya menemukan masjid di sudut-sudut populer New York. Berdasarkan keterangan yang diterima detikEdu, Sabtu (28/5/2022), Tjandra berkunjung ke New York dalam rangka menghadiri wisuda di Columbia University.

Selama di New York, Tjandra berhasil menemukan sekitar 4 masjid yang berada di kisaran wilayah ramai atau populer di New York. Meskipun masjid-masjid yang ditemuinya masih terbilang kecil dan kurang terlihat sebagai masjid pada umumnya di Indonesia.

"Ternyata untuk yang muslim, di sekitar tempat yang biasa dikunjungi di New York, maka dapat kita temukan Masjid. Walaupun memang harus khusus mencari secara rinci," katan Tjandra dalam keterangan tertulisnya.

"Masjidnya juga tidak besar dan kalau tidak cermat akan luput dan terlewat tidak ditemukan," tambah dia lagi.

Pertama, kata Guru Besar Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) tersebut, ada masjid yang dapat ditemukan di sekitar 5th Avenue atau jalan ramai di New York yang populer dengan jajaran toko mewah dan terkenal. Ada Masjid Usman bin Affan yang terdekat dari jalan tersebut.

"Kalau belok beberapa ratus meter di 59th Street maka akan ada pintu yang tidak besar yang menunjukkan Masjid Usman bin Affan," cerita Tjandra.

Begitu pula di sekitar gedung baru World Trade Center yang berlokasi di kawasan Lower Manhattan, ada Masjid Manhattan yang letaknya di jalan kecil bernama Cliff Street. Tidak hanya itu, letak Masjid Manhattan juga ternyata tidak jauh dari Brooklyn Bridge, salah satu jembatan tertua dan populer di sana.

Jarak antara Masjid Manhattan dan Brooklyn Bridge bahkan dapat ditempuh dengan jalan kaki saja. "Biasanya masyarakat berjalan kaki melintasinya di jalur pejalan kaki khusus dengan pemandangan latar belakang gedung-gedung pencakar langit Manhattan," tutur Tjandra.

Tidak sampai di situ, Mantan Direktur Jenderal Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan ini mengatakan, ada Masjid Ar Rahman yang dapat ditemukan di salah satu sisi dari Broadway Street. Broadway Street ini merupakan salah satu jalan besar di New York yang populer dengan pementasannya.

"(Di bagian) sisi 29th Street, kita dapat menemui Masjid Ar Rahman, yang juga dapat ditempuh bagi mereka yang sedang jalan-jalan ke Union Square," kata Tjandra.

Terakhir, di sebuah pulau bagian East River, New York yakni Roosevelt Island, Tjandra meyakinkan masyarakat muslim agar tidak perlu khawatir untuk beribadah di sana. Bagi yang berkunjung ke sana, ada Masjid Al Isra yang terletak di pusat pertokoannya.

Tentunya, kata Tjandra, 4 masjid yang ditemuinya di lokasi strategis New York ini masih sebagian kecil dari keseluruhan masjid yang ada di New York. "Setidaknya hal ini dapat memberi gambaran bahwa di sekitar obyek terkenal kota ini, maka kita dapat menemukan masjid untuk salat di siang dan malam hari," tutur dia.



Simak Video "Dramatis! Polisi Selamatkan Wanita yang Pingsan di Rel Kereta di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia