3 Jenis Sholat Sunnah yang Diikuti dengan Khutbah

Kristina - detikEdu
Jumat, 20 Mei 2022 13:45 WIB
Ribuan umat muslim mendengarkan khutbah usai salat Id di halaman Masjid Agung Darussalam Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (15/6). Umat muslim di seluruh Indonesia melaksanakan salat Idul Fitri 1 Syawal 14389 Hijriah secara serentak di masjid dan lapangan terbuka. ANTARAFOTO/Basri Marzuki/hp/18
Ilustrasi khutbah dalam sholat Ied. Foto: Dok. ANTARAFOTO/Basri Marzuki
Jakarta -

Khutbah umumnya terdapat dalam sholat Jumat. Namun, ada sejumlah sholat sunnah yang menyertakan pelaksanaan khutbah di dalamnya.

Khutbah secara bahasa artinya perkataan yang disampaikan di atas mimbar. KH Usman Sholehuddin dkk dalam buku Cara Khutbah Rasulullah SAW menjelaskan, khutbah adalah pidato atau ceramah yang berisi keagamaan, seperti khutbah Jumat dan khutbah nikah.

Dalam sholat sunnah, khutbah disampaikan saat sholat Idul Fitri dan Idul Adha. Selain sholat dua hari raya, sholat istisqa dan sholat gerhana termasuk shalat sunnah yang menyertakan pelaksanaan khutbah. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Sholat Dua Hari Raya

Khutbah disyariatkan dalam sholat Idul Fitri dan Idul Adha seperti halnya sholat Jumat. Namun, ada sejumlah perbedaan baik dari segi hukum maupun waktu pelaksanaannya.

Mengutip buku Seri Fiqih Kehidupan 3: Salat oleh Ahmad Sarwat, para ulama sepakat bahwa hukum melakukan khutbah setelah sholat Idul Fitri dan Idul Adha adalah sunnah dan bukan rukun atau kewajiban. Sementara itu, khutbah dalam sholat Jumat wajib hukumnya.

Khutbah dalam sholat Idul Fitri dan Idul Adha dilaksanakan setelah sholat. Sehingga, urutannya adalah melaksanakan sholat Ied dua rakaat baru dilanjutkan dengan khutbah. Sementara itu, dalam sholat Jumat khutbah dilaksanakan sebelum sholat.

2. Sholat Istisqa

Sholat istisqa adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta turunnya hujan. Sholat ini dilaksanakan saat terjadi kekeringan atau musim kemarau panjang yang menyebabkan manusia dan binatang kesulitan menemukan sumber air.

Hasan Ayyub dalam buku Fikih Ibadah: Panduan Lengkap Beribadah Sesuai Sunnah Rasul menjelaskan, hukum sholat istisqa adalah sunnah muakkad. Para ulama dari mazhab Syafi'i berpendapat, sholat ini dikerjakan seperti halnya sholat Idul Fitri dan Idul Adha.

Terdapat perbedaan di kalangan fuqaha terkait pelaksanaan khutbah dalam sholat istisqa. Sebagian fuqaha mengharuskannya dan sebagian lainnya tidak.

3. Sholat Gerhana

Sholat gerhana merupakan sholat sunnah yang dikerjakan saat terjadi gerhana, baik gerhana bulan maupun gerhana matahari. Sholat gerhana matahari juga sering disebut dengan sholat khusuf.

Sholat sunnah ini juga diikuti dengan penyampaian khutbah. Disebutkan dalam sebuah riwayat yang berasal dari Aisyah RA dalam hadits Al-Bukhari, Rasulullah SAW mengerjakan sholat khusuf atau sholat gerhana matahari bersama para sahabat.

Setelah sholat, beliau menyampaikan khutbah yang diawali dengan memuji dan menyanjung kebesaran Allah SWT..



Simak Video "Melihat dari Langit Ramainya Warga Salat Idul Fitri di JIS"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia